Home » Hukum » Ratusan Imigran Gelap Ditangkap Polisi

Ratusan Imigran Gelap Ditangkap Polisi

imigran-iran-dalamJABARTODAY.COM – SOREANG

Kepolisian Resor Bandung menangkap 132 imigran gelap asal Iran di Hotel Sally dan Villa Coklat, Kecamatan Ciwidey, Soreang, Kabupaten Bandung pada Rabu (19/6), sekitar pukul 18.00.

“Penangkapan ini berdasarkan informasi dari warga,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Martinus Sitompul, saat dihubungi, Jumat (21/6).

Martin menuturkan, JP alias J (47), tersangka yang berperan sebagai koordinator lapangan yang juga kaki tangan smugler dan rekannya MG (40), sempat mengecoh polisi. “Mereka sempat bersembunyi, tetapi dengan kesigapan petugas kami, mereka berhasil ditangkap,” ucapnya.

Berdasarkan penyelidikan, Martin menambahkan, tersangka JP berencana akan membawa ratusan imigran gelap tersebut ke Cidaun, Cianjur, untuk kemudian di seberangkan ke Australia menggunakan kapal yang telah dipersiapkan oleh penduduk Cidaun.

“Saat ini, mereka dan kendaraan pengangkut sudah diserahkan ke penyidik Polda Jabar. Pihak kita juga telah berkoordinasi dengan Satgaspus Mabes Polri, Imigrasi Bandung, penerjemah (AFP) yang berada di Jakarta,” ungkap Martin.

Untuk saat ini, para imigran tersebut masih diamankan di Polres Bandung, menunggu serah terima dengan pihak imigrasi yang rencananya akan dilakukan hari ini juga. (VIL)

Komentar

komentar