Home » Hukum » Ratusan Botol Miras Ilegal Disita

Ratusan Botol Miras Ilegal Disita

mirasJABARTODAY.COM – BANDUNG

Kepolisian Sektor Kota Arcamanik mengamankan 600 botol minuman keras ilegal hasil dari penyitaan di tiga tempat berbeda. Kepala Polsekta Arcamanik Komisaris I Ketut Adi Purnama mengatakan bahwa seluruhnya hasil dari operasi penyakit masyarakat, yang didasarkan laporan dari masyarakat akan adanya tempat yang menjual minuman keras ilegal.

“Sebanyak 600 botol kita sita dari tiga tempat dari berbagai merek dan jenis. Bahkan ada juga yang oplosan dan tidak berizin serta diduga palsu,” jelas Adi saat ditemui di Mapolsekta Arcamanik.

Miras sendiri selalu disebut sebagai salah satu pemicu tindakan kriminalitas, dikarenakan apabila seseorang telah mengkonsumsinya akan melakukan perbuatan yang terhitung berani, kadang nekad. “Banyak tindak kejahatan karena pengaruh minuman keras. Kita lakukan penyitaan agar masyarakat tenang dan nyaman,” terangnya.

Barang bukti disita dari kios-kios yang tidak diperbolehkan menjual minuman keras. Ada tiga tempat yang berhasil dirazia, salah satunya pernah digerebeg usai kedapatan menjual miras.

Adi mengungkapkan, adapun beberapa jenis miras yang disita, seperti intisari, anggur merah Cap Orang Tua, arak Cap Orang Tua, ciu yang dikemas dalam botol air mineral, Chivas palsu, Martel palsu, dan beberapa botol wiski palsu.

“Para penjualnya akan kita kenakan pasal tindak pidana ringan. Setelah nanti disidangkan, miras-miras ini akan kita musnahkan,” bebernya.

Selain hasil operasi rutin, imbuh Adi, penyitaan miras ini juga merupakan hasil pengembangan dari kasus pemukulan. Di mana sebelumnya, sang pelaku menenggak minuman beralkohol ini di salah satu kios. Setelah ditelusuri, rupanya kios itu tak mempunyai izin untuk menjual minuman keras.

Adi menegaskan, Polsekta Arcamanik tidak akan berhenti untuk melakukan operasi pekat, terutama membersihkan penjualan miras di wilayahnya yang sering menjadi sumber petaka. (VIL)

Komentar

komentar