Home » Bandung Raya » Besok, Ribuan Buruh Siap Berunjuk Rasa

Besok, Ribuan Buruh Siap Berunjuk Rasa

DSC07485JABARTODAY.COM – BANDUNG

Hingga kini masih cukup banyak kendala dan permasalahan ketenagakerjaan di tanah air. Satu diantaranya, berkenaan dengan pengupahan. Beberapa waktu lalu, pemerintah menyusun perancangan Instruksi Presiden (Inpres) mengenai kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK).

Meski demikian, kalangan pekerja dan buruh meminta dan mendesak pemerintah untuk mencabut perancangan tersebut. “Perancangan kenaikan UMK itu kami tolak. Itu dapat merugikan buruh. Itu karena, Inpres itu dapat membuat kenaikan UMK berlangsung setiap dua tahun,” ujar Ketua DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jawa Barat, Roy Jinto, di Bandung, Rabu (25/9).

Roy menyatakan, kalangan pekerja dan buruh membuktikan hal itu melalui adanya rencana aksi unjuk rasa massal. Rencananya, pada Kamis (26/9), ribuan buruh berunjuk rasa di depan pusat pemerintahan Pemerintah Provinsi Jabar, yaitu Gedung Sate. “Kami perkirakan, jumlah pekerja dan buruh yang berunjuk rasa sekitar 5.000 orang,” sebutnya.

Ada beberapa penuntutan, ungkap Roy, yang siap diajukan kalangan buruh dan pekerja pada aksi massal tersebut. Antara lain, penolakan Inpres UMK, yang selain merancang kenaikan setiap dua tahun, juga membatasi kenaikannya 5-10%. “Pembatasan dan kenaikan setiap dua tahun itu tidak sesuai Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” tegas Roy. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.