Home » Bandung Raya » Ridwan Kamil Akan Sulap Taman di Bandung

Ridwan Kamil Akan Sulap Taman di Bandung

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, saat meresmikan taman cempaka, Sabtu (21/9). Ratusan taman kota akan dipercantik oleh Kamil sesuai janji kampanyenya.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, saat meresmikan taman cempaka, Sabtu (21/9). Ratusan taman kota akan dipercantik oleh Kamil sesuai janji kampanyenya.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mulai merealisasikan janji-janjinya yang dilontarkan ketika kampanye dulu. Salah satunya adalah menjadikan Bandung sebagai kota kembang sesuai dengan julukannya. Sebanyak 600 taman di Bandung yang ada saat ini akan disulap menjadi taman tematik, seperti halnya yang dilakukan di Taman Cempaka, Jalan Anggrek.

Dengan menggandeng Bank Danamon, taman seluas 500 meter persegi itu akan ditata menjadi salah satu taman tematik, yakni Taman Fotografi. “Yang membuat orang kangen ke Bandung adalah areal, tamannya kan, makannya saya ingin jadikan taman ini senyaman mungkin dengan beragam tema, mulai dari sini akan saya jadikan taman fotografi. Nanti ada simbol C, artinya kamera,” kata Kamil, dalam acara CSR Danamon untuk Taman Fotografi di Taman Cempaka, Sabtu (21/9).

Kamil memandang, taman itu memiliki dua fungsi, yakni ekologi dan sosial. Fungsi ekologi, seperti dijelaskannya, adalah taman tak boleh berubah, dengan fungsi ruang terbuka hijaunya, tapi taman juga lebih baik jika adanya proses interaksi sesama warga. “Kalau taman cuma berisi pohon, tanpa ada manusia, apa bedanya dengan hutan,” ucap Emil.

Untuk menarik minat warga, nantinya taman juga akan dilengkapi fasilitas Wi-fi, perpustakaan kecil, dan pos jaga, dimana selama 24 jam taman akan selalu diperhatikan keamanan dan kenyamanannya. “Bandung ini akan saya jadikan kota yang terkoneksi dengan internet, jadi orang Bandung ini jangan terus main ke mall, tapi interaksi juga dengan alam, semoga bisa dinikmati, ini energi positif sedang disatukan,” tegasnya.

Dia mengaku ke depan taman dengan tema tematik fotografi juga bisa dijadikan tempat pameran, dan galeri. “Di sini ingin saya sampaikan bahwa di taman juga bisa menyampaikan proses interaksi, kalau dimanfaatkan taman bisa ramai,” katanya.

Untuk memperindah taman dan ruang terbuka hijau di Kota Bandung, Kamil menyatakan, dananya akan berasal dana Corporate Social Responsibility. “Jadi untuk wujudkan Bandung Juara ini bisa cepat berproses, kerja sama mutlak dilakukan. Satu contoh tanpa harus menggunakan APBD. Kan sumber dana itu bisa dari Pemprov, Pusat, lembaga asing, dan CSR, nah untuk taman kita usahakan dari CSR,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar