Home » Ekonomi » Kunjungan Wisatawan ke Jabar Turun

Kunjungan Wisatawan ke Jabar Turun

peta_jabarJABARTODAY.COM – BANDUNG

Potensi dan daya tarik pariwisata Jawa Barat, sebenarnya, tidak kalah oleh beberapa provinsi lain, termasuk Bali. Pasalnya, Tatar Pasundan memiliki sejumlah objek wisata, baik yang bersifat alam, sejarah, kuliner, maupun belanja.

Sejauh ini, Jabar memiliki pintu masuk pariwisata bagi wisatawan mancanegara, yaitu Bandara Husein Sastranegara dan Pelabuhan Muara Jati, Cirebon. Wisman yang berkunjung ke Jabar asal berbagai negara, tidak hanya negara-negara ASEAN dan Asia, tetapi juga Eropa.

Namun, ternyata, tingkat kunjungan wisatawan, khususnya, wisatawan mancanegara ke tanah Parahyangan, pada periode Februari 2014 turun. “Benar. Periode Februari 2014, kunjungan wisman ke Jabar turun,” ujar Dody Gunawan Yusuf, Kepala Bidang  Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Jabar, di BPS Jabar, Selasa (1/4/2014).

Dody menjelaskan, pada periode Februari 2014, jumlah wisman yang datang ke Jabar melalui Bandara Husein Sastranegara sebanyak 14.560 orang. Jumlah itu, lanjut dia, lebih sedikit 10 persen daripada periode Januari 2014, yang jumlahnya 16.257 orang.

Kondisi yang sama juga terjadi pada kedatangan wisman melalui Pekabuhan Muara Jati Cirebon. Bahkan, volume kunjungan wisman, yang seluruhnya merupakan kru kapal, melalui Kota Udang tersebut selama Februari 2014 sebesar 58,57 persen. “Pada Januari 2014, jumlah wisman melalui Cirebon sebanyak 140 orang. Sedangkan pada bulan berikutnya, hanya 58 orang,” kata Dody.

Mengenai negara asal terbanyak, Dody meneruskan, selama periode Februari 2014, wisman asal dua negara ASEAN yang tertinggi angka kunjungannya melalui Bandara Husein Sastregara, yaitu Malaysia dan Singapura.  Jumlahnya, sebut dia, 10.947 orang. “Jumlah itu lebih sedikit daripada Januari 2014, yaitu 12.200 orang,” tutupnya. (ADR)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.