Home » Ekonomi » 95 Persen Produk TAM Diproduksi di Indonesia

95 Persen Produk TAM Diproduksi di Indonesia

ToyotaJABARTODAY.COM – BANDUNG
Sejak beberapa dekade terakhir, PT Toyota Astra Motor (TAM) sukses mendominasi pasar otomotif, khususnya, kendaraan roda empat, di tanah air. Tahun lalu, PT TAM mencatat angka penjualan tertinggi di antara produsen-produsen otomotif lainnya di tanah air, yaitu 434.869 unit.
 
Tahun ini, PT TAM siap meneruskan dominasi itu. Dasarnya, industri raksasa yang tergabung dalam PT Astra International Tbk itu, kini, menambah kapasitas produksinya. Hal itu terjadi karena PT TAM memproduksi varian terbarunya, All New Toyota Yaris, di tanah air, sebanyak 2.000 unit per bulan.
 
“Adanya pabrik baru itu, berarti 95 persen produksi kami berlangsung di Indonesia. Sisanya, masih impor, yaitu Toyota Camry, Toyota Corolla, Toyota Alphard, Toyota Land Cruiser, dan Toyota Hi-Lux,” ujar Marketing Director PT TAM, Rahmat Samulo, pada sela-sela peluncuran All New Toyota Yaris di Hotel Harris, Rabu (19/3/2014) petang.
 
Tentunya, lanjut dia, perkembangan itu berkaitan dengan pemakaian local content. Menurutnya, sejauh ini, dalam proses produksinya, pihaknya menggunakan 60 persen local content. Seiring dengan adanya penambahan produk di Indonesia, pihaknya berkeinginan kuat untuk menambah penggunaan komponen lokal. “Harapan kami, seiring dengan proses produksi Yaris di tanah air, pemakaian local content naik. Keinginannya menjadi 80 persen,” tutup pria yang akrab disapa Sam itu. (ADR)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.