Home » Ekonomi » Awal 2014, KA Cianjur-Sukabumi Beroperasi

Awal 2014, KA Cianjur-Sukabumi Beroperasi

simply-san-juan.com

simply-san-juan.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Warga di wilayah Cianjur dan Sukabumi, sepertinya, mulai awal 2014, dapat lebih mudah dan cepat saat bepergian antar kedua daerah tersebut. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia sedang menyiapkan dan menyusun rencana re-aktivasi jalur Cianjur-Sukabumi.

“Benar. Kami memang berencana mengaktifkan lagi Cianjur-Sukabumi. Rencana itu sudah dibahas jajaran direksi. Jika tidak ada kendala dan perubahan, jalur itu beroperasi Januari 2014,” ujar Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional II Bandung, Jaka Djarkasih, di tempat kerjanya, Selasa (19/11).

Jaka menyatakan, rencananya, jalur Cianjur-Sukabumi menggunakan rangkaian KA yang sama dengan rute Bogor-Sukabumi, yaitu KA Pangrango. Artinya, apabila segala sesuatunya berlangsung lancar dan sesuai rencana, mulai 2014, KA Pangrango tidak hanya melayani rute Bogor-Sukabumi, tetapi juga Cianjur-Sukabumi.

PT KAI, menurut Jaka, sangat optimistis bahwa rute Cianjur-Sukabumi mendapat respon positif masyarakat. Hal itu didasarkan potensi yang tergolong tinggi di rute tersebut. Karenanya, cetus dia, pihaknya memproyeksikan, okupansi penumpang Cianjur-Sukabumi minimalnya 70%.

Sebenarnya, ungkap Jaka, Cianjur-Sukabumi pernah beroperasi. Namun, pada 2007, aku dia, pihaknya menonaktifkan rute itu. Disebabkan rute tersebut terlanda longsor selama beberapa kali. Diantaranya, pada 2001, longsor menimpa Terowongan Lampegan. Karena besarnya potensi, pihaknya melakukan sejumlah perbaikan. Hal itu membuat jajarannya, tukas Jaka, kembali mengaktifkan Cianjur-Sukabumi. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.