Home » Ekonomi » Luwak Jabar Siap Tembus Asia-Eropa

Luwak Jabar Siap Tembus Asia-Eropa

kopi luwakJABARTODAY.COM – BANDUNG

Ternyata, potensi hasil pertanian dan perkebunan di Jawa Barat begitu besar. Satu diantaranya, komoditi kopi luwak. Adalah Kopi Luwak Cikole, yang berpotensi menjadi holtikultura andalan Jabar di masa mendatang. Pasalnya, komoditi tersebut asal dataran tinggi Bandung bagian utara itu siap menembus pasar internasional.

“Peluang pasar ekspor terbuka. Soalnya, cukup banyak negara yang melakukan permintaan kopi luwak,” ujar pemilik Kopi Luwak Cikole, Sugeng Pudjiono.

Ia menyebut, sejauh ini permintaan tersebut tidak hanya dilakukan sejumlah negara, tidak hanya ASEAN dan Asia, tetapi juga Eropa. Antara lain, Singapura, India, Cina, dan Jepang, yang permintaannya 300 kilogram per bulan. “Sedangkan negara Eropa, adalah Jerman,” ucap Sugeng.

Melihat peluang seperti itu, Sugeng menyatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya. Diantaranya dengan menggenjot kapasitas produksi, termasuk kualitasnya. Untuk saat ini, diutarakan Sugeng, pihaknya mampu memproduksi 160 kilogram green bean setiap bulannya. Volume itu dihasilkan oleh 160 ekor luwak. “Artinya, setiap luwak mampu memproduksi 1 kilogram green bean,” terangnya.

Terbuka dan besarnya peluang pasar pun terlihat pada harga jual green bean. Saat ini, dipaparkan Sugeng, harga jual green bean senilai Rp 600 ribu per kilogram. Untuk Roasted, harga jualnya lebih mahal, yaitu Rp 1 juta per kilogram. “Sementara grounded atau yang siap seduh, harga jualnya Rp 2,5 juta per kilogram,” imbuhnya. (VIL)

Komentar

komentar