Home » Ekonomi » Sembilan Komoditas Kemasan Diawasi

Sembilan Komoditas Kemasan Diawasi

ritelJABARTODAY.COM – BANDUNG

Produk yang berkualitas merupakan salah satu syarat dan menjadi kebutuhan konsumen. Apalagi, pada era persaingan bebas, tentunya produk berkualitas dapat memiliki daya saing tinggi. Karena itu, bersama Balai Metrologi Bandung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat melakukan pengawasan produk dan barang dalam keadaan terbungkus, yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Indag Jabar Ellyn Setyairianti menjelaskan, aktivitas monitoring itu bertujuan untuk memberikan perlindungan konsumen dari berbagai produk terbungkus. Perlindungannya, jelas dia, berupa pemantauan akurasi pengukuran pada industri sebagai alat pengemasan sebelum dipasarkan.

Ellyn mengatakan, pengawasan itu tidak hanya mengenai isi atau berat bersih produk kemasan, juga berkenaan dengan label produk, yang sesuai dengan standar internasional. Disebutkan, ada sekitar 9 produk yang peredarannya meluas dan perlu mendapat pengawasan. “Antara lain,  beras, minyak goreng, kecap atau saus, gula pasir, susu, minuman buah (drain weight), kopi, mi instan, dan teh. Kami mengarahkan pengawasan ini tidak hanya kepada produsen, tetapi juga importir dan pihak pengemas yang tersebar di wilayah Jabar,” papar Ellyn, Selasa (12/11).

Menurutnya, produk-produk dalam kemasan terbungkus memiliki potensi menyebabkan timbulnya beragam persoalan bagi konsumen. Jika tidak mencantumkan label, tegas Ellyn, tidak tertutup  kemungkinan, lanjutnya, produk terkemas itu menyebabkan masalah baru lainnya bagi konsumen.

Pasalnya, label merupakan informasi bagi konsumen. Selain itu, juga bermanfaat untuk komunikasi antara pelaku usaha dan konsumen, yaitu dalam hal memperkenalkan produknya. (VIL)

Komentar

komentar