Home » Ekonomi » AirAsia Segera Operasikan Bandung-Johor Bahru

AirAsia Segera Operasikan Bandung-Johor Bahru

air+asiaJABARTODAY.COM – BANDUNG

Tidak dipungkiri, Jawa Barat, khususnya, Kota Bandung, merupakan pasar yang seksi bagi para pelaku industri penerbangan. Buktinya, AirAsia Indonesia, yang selama ini, mengoperasikan beberapa rute dari dan ke Bandung menuju beberapa destinasi, seperti Denpasar, Singapura, dan sebagainya, segera menambah trayeknya. Adalah Bandung-Johor Bahru (Malaysia) yang kini dioperasikan maskapai penerbangan tersebut.

CEO AirAsia Indonesia, Dharmadi, mengemukakan, pihaknya berencana untuk segera mengoperasikan Bandung-Johor-Bahru. “Rencananya, rute itu kami operasikan pada bulan depan, yaitu mulai 1 Desember 2013,” ujar Dharmadi, di Bandung, Rabu (6/11).

Ia menjelaskan, resminya Bandung-Johor Bahru, yang menggunakan Airbus A-320 berkapasitas 180 penumpang, merupakan rute internasional ketiga yang dioperasikan AirAsia Indonesia dari dan Ke Bandung. Dua rute sebelumnya, yakni Bandung-Singapura dan Bandung-Kuala Lumpur.

Menurutnya, pembukaan rute itu didasari potensi pasar yang besar. Satu diantaranya, Dharmadi menyebut, Kota Bandung terkenal sebagai salah satu destinasi wisata belanja dan kuliner di Indonesia. Tidak itu saja, lanjut dia, permintaan para traveller dari Bandung dan Johor pun tergolong tinggi.

Jika melihat kondisi itu, pihaknya memproyeksikan load factor penumpang yang cukup tinggi. Secara rata-rata, load factor seluruh rute AirAsia, sekitar 80%. Harapannya, load factor rute Bandung-Johor Bahru pun tidak jauh berbeda dengan rute-rute lainnya.

Dharmadi mengimbuhkan, tidak hanya pengoperasian Bandung-Johor Bahru, AirAsia pun bersiap menambah frekuensi Bandung-Denpasar, yang semula 2 kali per hari, menjadi 3 kali setiap harinya. “Kemudian, Bandung Singapura, yang awalnya 2 kali per hari menjadi 3 kali setiap harinya. Termasuk, Bandung-Kuala Lumpur yang menjadi 4 kali per hari,” ungkapnya. (VIL)

Komentar

komentar