Home » Ekonomi » Jabar Today Gelar Seminar dan Diskusi Economic Outlook 2014 dan Menyikapi Tantangan AEC 2015

Jabar Today Gelar Seminar dan Diskusi Economic Outlook 2014 dan Menyikapi Tantangan AEC 2015

logo-jabartoday2JABARTODAY.COM – BANDUNG

Pertumbuhan ekonomi nasional berkaitan erat dengan perkembangan global. Krisis yang melanda beberapa negara berpengaruh pada kinerja dan perekomian nasional, termasuk Jabar. Sebagai contohnya, terjadinya pelemahan rupiah dapat berpotensi menyebabkan terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi. Adanya pelemahan rupiah itu membuat berbagai industri melakuan koreksi kinerja. Kondisi itu tidak hanya dapat terjadi pada sektor riil, tetapi juga keuangan. Secara tidak langsung, situasi tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya inflasi.

Tentunya, hal itu dapat memberatkan para pelaku usaha di Jabar, baik berskala mikro, kecil, menengah (UMKM), maupun besar. Itu karena para pelaku usaha tersebut harus dapat tetap survive sekaligus bersaing dengan pihak asing. Terlebih, pada 2015, Indonesia, termasuk Jawa Barat, terlibat dalam ASEAN Economic Community (AEC). Dipastikan, persaingan semakin ketat, tidak hanya dalam hal kualitas dan kuantitas produk dan jasa, tetapi juga ketenagakerjaan. Padahal, provinsi ini memilki potensi besar dalam menggerakkan roda perekonomian demi menunjang pertumbuhan nasional.

Perkiraannya, tantangan ekonomi pada tahun depan tidaklah ringan. Berbagai upaya seluruh stakeholder untuk menyikapi tantangan tersebut. Selain itu, juga perlu adanya sinergitas yang lebih kuat antara pemerintah dan dunia usaha. Oleh karena itu, melalui Jabar Economic Outlook 2014 dan Menyikapi Tantangan AEC 2015 inilah,  jabartoday.com berusaha ikut serta menyumbangkan gagasan dan bagaimana gambaran ekonomi Jabar pada 2014, termasuk peluang saat AEC 2015 bergulir.

Ketua Panitia yang juga Pemimpin Redaksi  Jabar Today, Fahruz Zaman Fadhly, mengharapkan terciptanya suatu langkah nyata pemerintah dan semua pihak untuk mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih baik pada masa mendatang. “Semoga maksud dan tujuan kami tercapai dengan adanya seminar dan diskusi ini,” ucapnya.

Seminar dan Diskusi Economic Outlook 2014 & Menyikapi Tantangan AEC 2015 akan digelar di Hotel Horison Bandung, Rabu (6/11). Dalam acara yang disponsori bank bjb ini, akan hadir pembicara yang menjadi para pelaku ekonomi. Mereka ialah pengamat ekonomi Prof. Dr. Ina Primiana, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Jabar Deddy Widjaya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Hening Widiatmoko serta direksi bank bjb. Dan akan menghadirkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sebagai keynote speaker.

Selain bank bjb, acara ini juga didukung oleh Telkom Indonesia, APINDO Jabar, Kamar Dagang dan Industri Kota Bandung, serta Kamar Dagang dan Industri Jabar. (RED)

Komentar

komentar