Home » Ekonomi » Jabar Siap Lahirkan Puluhan Koperasi Percontohan

Jabar Siap Lahirkan Puluhan Koperasi Percontohan

koperasiJABARTODAY.COM – BANDUNG

Tidak pelak lagi, di negara mana pun, kehadiran koperasi memang dapat berefek positif pada aktivitas perekonomian. Begitu pula dengan di Indonesia, terutama Jawa Barat. Melihat kondisi itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersiap mengembangkan koperasi besar tingkat tatar Pasundan menjadi koperasi besar level nasional, bahkan tingkat dunia.

“Kami memiliki sasaran, yaitu di antara 100 koperasi calon berskala besar tingkat Jabar, menjadi 4 koperasi skala besar nasional. Tidak itu saja, juga ada 52 koperasi percontohan,” tandas Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah Jabar, Anton Gustoni, di sela-sela Sosialisasi Pengembangan Koperasi Besar Jawa Barat Menuju Koperasi Kelas Dunia, di Hotel Lingga, Jalan Soekarnohatta Bandung, Kamis (24/10).

Anton meneruskan, program menjadikan koperasi skala besar level nasional, bahkan dunia itu tidak lain bertujuan mengidentifikasi sekaligus memperkuat koperasi-koperasi skala besar di tatar Parahyangan. Metodenya, jelas dia, sama dengan program Organisasi Koperasi International (ICA).

Andang  K. Ardiwidjaja, Direktur Eksekutif Badan Akreditasi Koperasi Jabar, menambahkan, penilaian koperasi kelas dunia yang terpublikasikan ICA tidak hanya berdasarkan nilai omset dan asset. “Akan tetapi, karena kokohnya manajemen koperasi dalam menjalankan prinsip dan nilai. Termasuk, sikap responsif perkembangan dan aspirasi anggota (pasar),” papar Andang. (VIL)

Komentar

komentar