Home » Ekonomi » Lahan Tidur di Jabar Capai Ratusan Ribu Hektare

Lahan Tidur di Jabar Capai Ratusan Ribu Hektare

Jawa_BaratJABARTODAY.COM – BANDUNG

Ternyata di Jawa Barat masih terdapat lahan yang belum termanfaatkan secara optimal yang cukup luas. Nursuhud, anggota Forum Ekonomi Jabar, mengiyakan terdapatnya lahan tidur yang cukup luas di tatar Pasundan.

“Jumlahnya melebihi 100 ribu hektare. Di wilayah Jabar Timur dan Utara, luas lahan tidur yang belum termanfaatkan secara optimal sekitar 97 ribu hektare,” ujar Nursuhud, di Bandung, Kamis (12/9).

Dikatakan, jika memperhatikan hal itu, lahan-lahan tidur itu dapat terfungsikan sebagai areal perkebunan kedelai. Memang, kata Nursuhud, pemerintah provinsi  berencana membangun dan mengembangkan areal perkebunan kedelai seluas 100-120 ribu hektare. Akan tetapi, lanjutnya, hal itu bukan perkara mudah.

Menurutnya, sebetulnya, Badan Pertanahan Nasional memiliki sertifikatnya. Akan tetapi, kata dia, BPN tidak dapat melakukan eksekusi pengalihfungsian lahan itu. “Artinya, butuh peran pemerintah. Misalnya, membentuk badan atau lembaga eksekutor dalam pengalihfungsian lahan-lahan tidur tersebut menjadi areal perkebunan kedelai,” paparnya.

Selain lahan, imbuh Nursuhud, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian untuk mendorong produksi kedelai Jabar yang saat ini volumenya mencapai 1-1,5 juta ton per hektare. Diantaranya, sebut dia, adanya jaminan pemerintah bagi para petani mengenai pasokan benih. Lalu, sambungnya, harga jual yang ditetapkan pemerintah. “Termasuk pestisida (antihama),” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.