Home » Ekonomi » Pertumbuhan Ekonomi Jabar Melambat

Pertumbuhan Ekonomi Jabar Melambat

(GAMBAR ILUSTRASI: ISTIMEWA)

(GAMBAR ILUSTRASI: ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Anggota Komite Perencana dan Makro Badan Perencana Pembangunan Daerah Jawa Barat, Atih Rohaeti Dariah, menyatakan, pertumbuhan ekonomi Jabar memiliki kaitan erat dengan perkembangan nasional dan global, terutama dalam hal investasi.

Ia memprediksi, tahun ini investasi di Jabar melambat. Meski begitu, dirinya tetap optimis angkanya berkisaran di level Rp 154 triliun. Indikasi itu terlihat pada realisasi investasi paruh tahun ini. Selama semester I 2013, ungkapnya, investasi ke Jabar jauh lebih kecil daripada periode yang sama tahun lalu, yaitu Rp 93,4 triliun. Sedangkan semester pertama tahun lalu, angkanya Rp 175 triliun.

Melihat kondisi itu, Atih memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Jabar lebih lambat daripada tahun lalu. Perkiraannya, seru dia, maksimal mencapai 5,8%. “Untuk mencapai 6 persen, bukan perkara yang mudah. Itu berat,” ucapnya di Bandung, Selasa (10/9).

Situasi itu, tambah Atih, dapat membuat angka kemiskinan di Jabar berpotensi naik. Hingga Maret tahun ini saja angka kemiskinan Jabar 9,52%. Jika kondisi tidak mengalami perubahan, bahkan memburuk, tidak tertutup kemungkinan, akhir tahun ini, angka kemiskinan Jabar menjadi 9,7-10,7%.

Soal angkatan kerja pun, urainya, sangat mungkin merosot. Tahun ini, jumlah angkatan kerja sekitar 17,4 juta orang. “Situasi seperti ini menimbulkan kekhawatiran, karena angkatan kerja berkurang menjadi 17,2 juta orang. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.