Home » Ekonomi » Disperta Jabar Targetkan 25 Ribu Lahan Kedelai

Disperta Jabar Targetkan 25 Ribu Lahan Kedelai

Kesibukan pekerja di pabrik tahu membersihkan kedelai. Kelangkaan kedelai mengancam kelangsungan nasib mereka. (ILUSTRASI)

Kesibukan pekerja di pabrik tahu membersihkan kedelai. Kelangkaan kedelai mengancam kelangsungan nasib mereka. (ILUSTRASI)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Kepala Bidang Produksi Pangan Dinas Pertanian Pangan Jawa Barat, Uneef Primadi, mengatakan, hingga Juni tahun ini, produksi kedelai Jabar mencapai 26.215 ton biji kering. Angka itu sendiri masih jauh dari proyeksi produksi tahun ini, yang volumenya 97.448 ton biji kering. “Artinya, yang terealisasi baru 27 persen,” jelas Uneef di Bandung, Kamis (29/8).

Meski begitu, tutur Uneef, Jabar memiliki areal tanam kedelai yang tergolong luas. Sejauh ini, diungkap dirinya, luas areal tanaman kedelai di Jabar mencapai 21.924 hektare. “Target kita tahun ini 25.749 hektare,” singkatnya.

Walaupun realisasi produksi sampai Juni tahun ini masih jauh lebih kecil daripada proyeksi, pada dasarnya, kata Uneef, produktivitas kedelai di Jabar cukup baik, sekitar 15,78 kuintal/hektare. “Kami terus berusaha meningkatkannya. Caranya dengan menerapkan skema dan pola bibit unggul,” tutupnya. (ERA)

Komentar

komentar