Home » Ekonomi » Sikapi Tantangan, Para Pelaku Usaha Bentuk Forum Ekonomi Jabar

Sikapi Tantangan, Para Pelaku Usaha Bentuk Forum Ekonomi Jabar

(ki-ka): Ketua Penyelenggara Ipong Witono, Wakil Sekjen Forum Ekonomi Jabar Januar P. Ruswita, dan Ketua Dewan Pakar Forum Ekonomi Jabar Ina Primiana, dalam jumpa pers pembentukan Forum Ekonomi Jabar, Jumat (7/6). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

(ki-ka): Ketua Penyelenggara Ipong Witono, Wakil Sekjen Forum Ekonomi Jabar Januar P. Ruswita, dan Ketua Dewan Pakar Forum Ekonomi Jabar Ina Primiana, dalam jumpa pers pembentukan Forum Ekonomi Jabar, Jumat (7/6). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Menyikapi beragam jenis permasalahan ekonomi dan mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya, para pelaku usaha di tanah Pasundan membangun sebuah wadah untuk menyalurkan pemikiran demi kemajuan perekonomian, yakni Forum Ekonomi Jabar.

Ketua FEJB, Jajat Priatna Purwita, mengatakan, organisasi tersebut akan diresmikan melalui sebuah deklarasi pada Sabtu (8/6) di Trans Luxury Hotel. “Beberapa tokoh ekonomi hadir. Antara lain, Menteri Perindustrian, MS Hidayat, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Armida Alisjahbana,” ujar Jajat dalam jumpa pers di Trans Luxury Hotel, Jumat (7/6).

Dikatakan, organisasi ini tidak hanya diisi para pelaku usaha, tetapi juga akademisi. Karenanya, FEJB siap untuk melakukan berbagai penelitian, pengkajian yang tentunya berkaitan dengan ekonomi Jabar yang saat ini berada di peringkat ketiga di bawah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

“Kita akan membahas permasalahan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, sektor riil, perbankan, pertanian, dan sebagainya. Termasuk menyikapi agenda ASEAN Economic Community 2015,” ucap Jajat.

Ina Primiana, ekonom Universitas Padjadjaran, menyatakan, kalangan akademisi merespon kehadiran FEJB secara positif. Ia berpendapat, FEJB dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para pakar, praktisi, dan akademisi mengenai segala persoalan sektor ekonomi, untuk selanjutnya melakukan pengkajian.

“Kita memikirkan critical point untuk memajukan perekonomian Jabar. Dan cita-cita menjadi provinsi termaju bisa kita wujudkan. Kita memiliki sumber daya manusia yang bagus hanya belum dimaksimalkan,” kata Ina yang juga Ketua Dewan Pakar FEJB.

Ditambahkan Ketua Penyelenggara, Ipong Witono, FEJB akan mengadakan kajian akademisi yang hasilnya akan direkomendasikan ke pemerintah yang nantinya digunakan untuk mengembangkan perekonomian jabar.

“Tema Masyarakat Ekonomi Asean 2015 kita jadikan momentum untuk memasuki era baru perekonomian di Jabar. Dan untuk bersatu dalam menghadapi tantangan yang lebih besar di 2015 nanti,” tandas Ipong.  (VIL)

Komentar

komentar