Warga Kampung Dukuh Ingin Segera Pulang Kampung

  • Whatsapp
Abah Uluk, kuncen kampung Dukuh, sebuah kampung adat di Desa Ciroyom, Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut (IST)

JABARTODAY.COM-BANDUNG 

Warga Kampung Dukuh, sebuah kampung adat di Desa Ciroyom, Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut mengharapkan kampung cepat direkonstruksi. Pasalnya, hingga kini masih banyak warga yang mengungsi di rumah sanak famili.

Abah Uluk, kuncen kampung Dukuh mengungkapkan, selama ini banyak yang menjanjikan bantuan, namun hanya sebagian kecil yang memenuhi janjinya. ‘’Nggak apa apa, kami bisa berbenah dengan bantuan berapa pun,’’ujarnya di Bandung baru baru ini.

Abah Uluk datang ke Bandung diiringi 5 warga lainnya. Mereka mencari bantuan untuk merekonstruksi  kampung Dukuh yang terbakar 10 September 2011silam.  46 bangunan terbakar.

Kini, warga memang tengah bergotong royong membangun kampungnya kembali. Dibantu Arsitek Hijau – sebuah kelompok arsitek yang memiliki data lengkap soal tata  letak dan bentuk konstruksi bangunan.’’Arsitek Hijau yang membantu kami,’’ujar Abah Uluk sambil menghisap rokoknya.

Saat ini, salah satu bangunan yang sudah selesai adalah rumah Abah Uluk. Namun puluhan rumah warga lainnya masih belum dibangun sama sekali. Warga membangun dengan cara mendapat bantuan bahan bangunan. Pembangunan dikerjakan secara gotong royong oleh warga kampung Dukuh.

Abah Uluk dan warga laainnya ingin segera pulang kampung dan hidup seperti sedia kala.’’Warga sudah bosan mengungsi,,’’ujar Abah Uluk. (AAN)

Berita Terkait