Sutiono-Asep Resmi Dampingi Janur

  • Whatsapp
Persib Bandung

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Simpang siur asisten pelatih Persib Bandung yang bakal mendampingi Jajang Nurjaman terjawab sudah. Sosok terpilih tersebut adalah Sutiono Lamso dan Asep Sumantri. Dua bekas punggawa Maung Bandung ini dipastikan bakal berjibaku bersama Jajang mengarungi musim kompetisi 2012-2013 yang rencananya mulai bergulir November mendatang.

“Kami sudah susun tim ofisial Persib musim depan. Untuk asisten pelatih ada dua, Asep Sumantri dan Sutiono Lamso,” ujar Jajang di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Kamis (30/8).

Selain dua nama anyar di atas, bekas asisten Rahmad Darmawan di Pelita Jaya ini masih mempercayakan kepada muka-muka lama. Anwar Sanusi kembali didapuk menjadi pelatih kiper. Demikian pula dengan pelatih fisik yang dipercayakan kepada Dino Sefriyanto. Rafi Ghani juga dipastikan tetap menjadi dokter tim. Urusan administrasi juga masih menjadi tanggung jawab Yudiana sebagai sekretaris tim.

Sebelumnya, pengurus teras PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) yang menaungi Persib sudah terlebih dulu mengunci posisi Indra Thohir sebagai penasehat teknis dan Umuh Muhtar sebagai manajer tim. Indra Thohir yang berjasa mengantar Pangeran Biru merengkuh tropi perdana Liga Indonesia ini merupakan tahun keduanya bersama Si Maung setelah musim lalu masuk pada pertengahan musim.

Hadirnya dua asisten pelatih menjadi sebuah sejarah bagi Persib. Pasalnya selama ini, pelatih Persib selalu didampingi satu asisten pelatih dan satu pelatih penjaga gawang. Janur, sapaan akrab Jajang Nurjaman, mengaku sengaja memilih dua asisten pelatih karena keduanya memiliki karakter tersendiri.

“Seperti Sutiono Lamso dulu ketika bermain di Persib berpengalaman di lini depan. Sementara itu, Asep Sumantri di lini belakang. Jadi, background mereka bisa membantu saya dalam mengatur posisi pemain dan komposisinya,” kilah Janur.

Terpilihnya Asep dan Sutiono, imbuh Janur, sesuai dengan yang diharapkan oleh pelatih, yakni memiliki loyalitas. “Sesuai yang saya pernah kemukakan sebelumnya bahwa asisten pelatih saya harus loyal terhadap pelatih luar dalam. Menurut saya, keduanya memenuhi karakter itu,” lanjutnya.

Jajang sendiri mengakui belum memberikan arahan soal tugas-tugas yang harus dijalankan oleh kedua asistennya. “Belum ada. Saya belum berikan arahan mengenai pembagian tugas,” imbuhnya.

Lebih jauh Janur menjelaskan, pemilihan duo pembantunya tidak lepas dari faktor sejarah Maung Bandung. “Mereka berpengalaman di Persib, baik dulu sebagai pemain maupun klub internal Persib, seperti Persib U-15 maupun U-21. Begitu juga dengan Pak Anwar (Sanusi), beliau berpengalaman melatih Persib,” Jajang beralasan.

Terkait pemain yang pernah diasuh  pelatih dan asisten pelatih yang malang-melintang di internal klub Persib, Jajang tidak menjamin semuanya bakal mendapat tempat. Hengkangnya dua pemain muda Persib mengakibatkan adanya perubahan rencana pembentukan tim.

Untuk memilih siapa saja yang bakal direkrut musim ini, Jajang berjanji untuk memantau perkembangan mereka. “Di samping itu, mereka juga memperlihatkan kemajuan baik selama setahun terakhir di Persib. Namun, kami juga akan melihat perkembangan mereka lagi di dalam latihan,” tuturnya.

Dengan lengkapnya tim pelatih, papar Jajang, awal September Maung Bandung akan memulai pelatihan, medical check-up dan tes fisik. “Tempatntya masih di sekitar Bandung. Setelah tanggal 10 September, baru TC (training centre),” tandasnya. (AVILA DWIPUTRA)

Berita Terkait