Home » Regional » Batik Sumedang Berani Tampil Beda

Batik Sumedang Berani Tampil Beda

(FOTO: ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – SUMEDANG

Pemkab Sumedang kini tengah mengembangkan batik khas Sumedang. Batik itu memiliki motif yang berbeda dibandingkan dengan motif batik yang saat ini sudah ada.

Wakil Bupati Sumedang, Taufik Gunawansyah, mengatakan, keinginan untuk membuat batik khas Sumedang dipicu oleh daerah lain yang juga membuat batik khas dari daerah bersangkutan.

“Jika daerah lain bisa membuat batik khas daerahnya masing, Kabupaten Sumedang juga memiliki potensi yang sama. Batik khas Sumedang yang digali dari warisan budaya yang hidup di Sumedang harus menjadi ciri dari batik itu,” kata Taufik, Rabu (24/10).

Menurut Taufik, untuk merealisasikan keinginan itu, kini Tim Perancang Pembuatan Motif Batik Khas Sumedang, tengah bekerja keras untuk mengumpulkan dan menggali data-data yang mendukung keberadaan batik khas Sumedang.

“Penelitian yang dilakukan secara mendetail mengenai fakta-fakta yang mendukung keberadaan batik khas Sumedang harus dilakukan. Tanpa itu, batik khas Sumedang yang berbeda dengan motif batik lainnya tak akan muncul,” kata dia. (DEDE SUHERLAN)

 

 

Komentar

komentar