Home » Regional » Penanaman 5.000 Pohon Untuk Kawasan Bandung Utara

Penanaman 5.000 Pohon Untuk Kawasan Bandung Utara

aslibogor

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Dalam kerangka gerakan penyelamatan sumber-sumber mata air di Jawa Barat khususnya di Kawasan Bandung Utara, Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat akan melakukan gerakan penanaman sekitar 5.000 pohon di Kawasan Bandung Utara di lahan kritis seluas sekitar 12,5 hektar.

“Gerakan penyelamatan ini akan diawali dengan kegiatan pencanangan penanaman yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 3 Oktober 2012 dan dilanjutkan dengan penanaman pada saat musim tanam yang sebentar lagi akan datang (akhir oktober atau awal November),” ujar Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I), Dedi Kurniawan dalam rilisnya yang dikirim ke Jabartoday.com, Selasa (2/10).

Dedi menjelaskan, penanaman akan dilakukan di sekitar Taman Hutan Raya Ir Djuanda Kampung Kordon Blok Kordon Puncak RW 10 Desa Ciburial Kecamatan Cimeunyan Kabupaten Bandung. Penanaman ini melibatkan kader konservasi yang tergabung dalam FK3I (Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia), masyarakat Kampung Kordon Blok Kordon Puncak Rw 10 desa Ciburial Kecamatan Cimeunyan Kabupaten Bandung, dan Kelompok Pecinta Alam.

“Dasar gerakan penyelamatan dan penentuan lokasi dikarenakan keprihatinan kader konservasi yang tergabung dalam FK3I terhadap situasi kawasan penyangga dan sumber resapan air di kawasan Bandung Utara (Kampung Kordon Blok Kordon Puncak Rw 10 desa Ciburial Kecamatan Cimeunyan Kabupaten Bandung ) yang saat ini memprihatinkan. Dimana, dari 10 titik mata air yang ada menurut data dari Balai Taman Hutan Raya Ir Djuanda hanya tidak kurang dari 4 sumber mata air yang masih berfungsi dengan baik,” ujar Dedi

Salah satu tujuan kegiatan gerakan penanaman ini adalah mengkampanyekan penyelamatan sumber mata air khususnya mata air SEKE GEDE guna mendorong kepedulian pemerintah dan masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga dan menyelamatkan sumber-sumber kehidupan kita.

Kegiatan ini menjadi bagian dari fokus program FK3I tahun 2012-2014 yaitu “Kampanye Primata” dan “gerakan melak tangkal dimana wae jeng saha wae”. Kemudian, di dalam setiap turunan kegiatan kita terus berusaha untuk melaksanakan kegiatan dengan sedikit menghasilkan sampah untuk turut serta pula mengkampanyekan Program ‘Zero Waste Event”. (Fahrus Zaman Fadhly)

Komentar

komentar