Home » Headline » Soal WNA di DPT, HMI Beri Raport Merah untuk KPU Cianjur

Soal WNA di DPT, HMI Beri Raport Merah untuk KPU Cianjur

HMI mengancam lakukan aksi unjukrasa kepada KPU Cianjur untuk memastikan tidak ada kecurangan dalam Pemilu khususnya soal WNA dalam DPT.

JABARTODAY.COM-CIANJUR. Akhir-akhir jni ada berita di beberapa media terkait KPU Kabupaten Cianjur yang memasukan NIK WNA ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk menjadi dalam Pilpres dan Pileg 2019.

“Kami menilai KPU Kabupaten Cianjur lalai dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehingga ini bisa berdampak kepada kualitas demokrasi di Kabupaten Cianjur. Mana mungkin bisa menciptakan pemilu yang berintegritas jika penyelenggaranya lalai menjalankan tugasnya,” ujar Deder, Kabid PTKP HMI Cabang Cianjur kepada Jabartoday.com, Sabtu (2/3/2019).

HMI menilai KPU Kabupaten Cianjur kurang serius menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pemilu tahun ini. “Dengan adanya kesalahan memasukan WNA menjadi DPT ini bisa saja menjadi manipulasi suara. Kami menduga, jangan-jangan ada beberapa lagi WNA yang belum terungkap,” ujar Deder.

HMI menilai ada tiga kesalahan yang dilakukan KPU Cianjur yakni kesalahan saat memasukkan nomor Kartu Keluarga, nomor induk kependudukan, dan tanggal lahir.

Pihaknya memberikan raport merah untuk KPU Cianjur dalam hal kelalaiannya  dalam memasukan NIK WNA dalam DPT. HMI juga ingin memastikan untuk  WNA ini tidak terulang kembali karena ini akan memicu masyarakat untuk mengajukan mosi tidak percaya kepada KPU Cianjur.

“HMI akan melakukan aksi kepada KPU Kabupaten Cianjur, atas kelalaian dan ketidakseriusannya dalam menjalankan peran dan fungsinya serta mengevaluasi dugaan dimasukkannya yang telah WNA dalam DPT,” ujarnya. (than)

Komentar

komentar