Home » Politik » Geber Penataan PKL Pasar Kosambi

Geber Penataan PKL Pasar Kosambi

Lokasi untuk relokasi PKL di Pasar Kosambi. (jabartoday/avila dwiputra)

Lokasi untuk relokasi PKL di Pasar Kosambi. (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Pembenahan tempat relokasi bagi para pedagang kaki lima (PKL) Pasar Kosambi, hingga kini masih terus berlanjut. Ketua Satuan Tugas Khusus PKL Kota Bandung Oded M. Danial menargetkan, paling lambat di minggu keempat Desember 2016, para PKL sudah bisa menempati tempat baru yang disediakan.

“Untuk penataan PKL tahun ini baru Pasar Kosambi. Mereka bisa mulai pindah. Awalnya mau di lantai 3, namun karena keberatan, akhirnya kami tempatkan di lantai pertama,” ungkap Oded, di Gedung Parlemen, Rabu (7/12).

Dipaparkan Oded, secara kultur, persoalan relokasi PKL dimana pun hampir sama. Mereka tak ingin dipindahkan jauh dari tempat semula mereka berjualan, karena takut kehilangan pembeli.

Dari laporan akhir yang diterima pihaknya, pembenahan tempat relokasi baru itu ditargetkan rampung pada pertengahan atau minggu ke tiga di bulan ini. Sehingga di minggu ke empat, para PKL sudah bisa berjualan di lokasi baru yang telah disediakan. Adapun jumlah PKL yang berjualan di pasar tersebut, mencapai 160 orang. Dalam relokasi itu akan diutamakan para PKL yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kota Bandung.

“Berapa jumlah PKL asli Bandung, itu masih pendataan. Dalam relokasi ini, kami upayakan gratis kepada para PKL. Namun, ke depannya, secara pertahun mereka akan dievaluasi. Tidak mungkin kan kalau gratis terus?” tukas Oded yang juga Wakil Wali Kota Bandung itu.

Proses relokasi bagi PKL Kosambi tersebut, hanya untuk sementara waktu. Oded berharap, setelah pembangunan di sejumlah pasar tradisional dilakukan, para pengusaha kecil itu bisa turut menikmati fasilitas baru tersebut. “Idealnya, ke depan memang ada penyediaan lahan baru bagi mereka. Tapi untuk itu, tetap kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki,” akunya.

Rencananya, bila relokasi terhadap 160 PKL Pasar Kosambi telah diselesaikan. Pemkot Bandung akan melanjutkan proses penataan PKL di Pasar Cicadas dan Jalan Otista. (vil)

Komentar

komentar