Home » Politik » Heryawan Geram dengan Kultur Masyarakat

Heryawan Geram dengan Kultur Masyarakat

istimewa

istimewa

JABARTODAY.COM – BANDUNG Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku geram dengan kultur masyarakat yang tidak dapat menjaga lingkungannya. Menurutnya, kultur yang ada di Indonesia sangatlah jauh dengan yang terdapat di Afganistan, dalam menjaga sungai.

’’Begitupun dengan Mesir, bayangkan saja sungai Nil merupakan sungai terpanjang yang melewati 17 negara, dan Mesir merupakan negara ke-17, tapi airnya tetap bening,” ujar Heryawan, dalam Seminar Nasional VIII bertemakan ’Mencegah Degradasi Lahan Bersama Masyarakat untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan’, di Hotel Horison, Selasa (6/12).

Berdasarkan hasil penelitian yang dirinya lakukan di Mesir, masyarakat di sana sama joroknya dengan Indonesia. Namun, mereka jorok di darat. ’’Orang Mesir sangat menjaga sungainya, orang Indonesia sebaliknya. Kita jorok di darat, udara, dan laut,” tuturnya.

Maka dari itu, kultur tersebut harus disingkirkan di Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki laut yang luas, bila tidak bijak, akan hancur dengan sendirinya. Heryawan menyatakan, masyarakat bisa menyelamatkan bumi dengan berkomitmen menjaganya. ’’Bahaya jika bumi tidak bisa terselamatkan, karena menjaga air, tanah, dan udara, bisa dilakukan dengan komitmen,” ucap dia. (vil)

Komentar

komentar