Home » Politik » Pemkab Bandung Bangun Rumah Murah

Pemkab Bandung Bangun Rumah Murah

JABARTODAY.COM – SOREANG

Tahun ini, Pemkab Bandung segera merealisaskan program pro-rakyat seperti tertuang  dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2011 tentang Tim Koordinasi Peningkatan dan Perluasan Program Pro-Rakyat.

“Salah satu kebijakan program pro-rakyat tersebut adalah pembangunan rumah murah, yang dimaksudkan untuk  mengurangi kesenjangan kebutuhan rumah masyarakat berpenghasilan rendah,” ujar Wakil Bupati Bandung, Deden Rukman Rumaji saat membacakan sambutan Menpera RI pada  Upacara Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) ke-4,  di Lapangan Upakarti, Soreang, Selasa (04/10).

Deden mengatakan, penyelenggaraan pembangunan rumah murah tersebut tidak semata-mata hanya menjadi tanggungjawab pemerintah pusat, namun juga pemerintah propinsi/kabupaten/kota dalam menyiapkan  regulasi, penyediaan lahan, dukungan pendanaan, koordinasi pelaksanaan, maupun pengendalian dan pengawasan pembangunannya.

Wakil Bupati Bandung, H. Deden Rukman Rumaji (HUMAS PEMKAB BDG)

Deden menambahkan, dalam mewujudkan rumah murah bagi rakyat, ternyata masih menghadapi sejumlah masalah baik internal maupun eksternal di era otonomi daerah saat ini.  Secara internal, Daerah menghadapi kendala dalam pembiayaan, kelembagaan bahkan keterbatasan sumber daya manusia, sedangkan di sisi lain daya beli masyarakat masih rendah.

“Namun demikian, pemerintah daerah memiliki kekuatan dalam penyediaan lahan dan kewenangan dalam hal perijinan, sementara pemerintah pusat mempunyai kekuatan pada sisi regulasi, termasuk regulasi terhadap sumber pembiayaan maupun pendanaan yang dibutuhkan,” tutur Deden.

Deden berharap segenap stakeholder  mempunyai komitmen yang kuat untuk mendukung program pembangunan rumah murah tersebut. Badan Usaha juga diharapkan dapat berkontribusi melalui upaya untuk mewujudkan inovasi dalam teknologi pembangunan maupun bahan bangunan yang mendukung penyediaan rumah murah.

“Perusahaan swasta dapat berpartisipasi melalui alokasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung pembangunan rumah murah tersebut. Dengan memadukan semua kekuatan yang dimiliki, mensinergikan pusat-daerah-mitra, insya Allah kita akan lebih cepat meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui penyediaan rumah murah bagi rakyat,” ujar Deden. (Fahrus Zaman Fadhly)

Komentar

komentar