Home » Ekonomi » UPI-BPPI Gelar Workshop Industri Kreatif Pariwisata

UPI-BPPI Gelar Workshop Industri Kreatif Pariwisata

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) bekerja sama dengan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB UPI), menyelenggarakan Workshop dan Pelatihan Pengembangan Industri Kreatif dalam Pengelolaan Kepariwisataan, Selasa-Rabu (27-28/11/2012), pukul 08.00-17.00 WIB, di Balai Pertemuan UPI, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk workshop tentang pemasaran bidang  Pariwisata di  Indonesia dan pelatihan  manajemen pemasaran dan IT di bidang Pariwisata.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia K. RAY. Dra. Hj. SB Wiryanti Sukamdhani, CHA., mengatakan,”Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) sebagai sebuah organisasi yang dibentuk oleh Undang-Undang dengan tujuan menggiatkan promosi pariwisata Indonesia, perlu melakukan beberapa langkah terbaik agar sektor pariwisata semakin menggeliat, berkembang dan memiliki manfaat besar bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat secara langsung.”

Tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bahan pembelajaran bagi masyarakat di bidang pariwisata khususnya kepada Badan Promosi Pariwisata Daerah, Disparda, praktisi bisnis pariwisata, akademisi dan mahasiswa agar meningkat wawasan dan pengetahuannya mengenai  pariwisata Indonesia. Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar para pekerja bidang pariwisata, mengembangkan sumber daya manusia demi kemajuan pariwisata, melakukan pelatihan dalam rangka pengembangan usaha dan bisnis pariwisata, serta sosialisasi standar mutu kualitas pelayanan dan jasa periwisata Indonesia.

Tampil sebagai pembicara kunci, Chairman of Bandung Creative City Forum Ridwan Kamil membahas tentang Green and Creative Cities sebagai Potensi Green Tourism di Indonesia; lalu sesi beikutnya oleh akademisi Prof. Dr. Munir, M.IT membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk pariwisata (Internet And Social Media in Tourism);  Chief Business Development Cipaganti Group Wahyudi Parulian membahas tentang strategi kemitraan dalam pengembangan kepariwisataan daerah (Relationship for Developing Tourism Transportation).

Sesi 4 membahas tentang pengembangan industri kreatif dalam pengelolaan kepariwisataan (creative tourism business in application) menampilkan Prof. Dr. Suryana, M.Si dan Owner-director of Airplane System (Bandung Creative City Forum) Fiki C. Satari; dan sesi terakhir membahas tentang pengelolaan ekowisata (The changing dynamic of ecotourism) Dr. Arief Rosyidie, MSP, M. Arch., dan Ketua Komunitas Aleut (anggota Forum Hijau Bandung) Reza Ramadhan.  (Dodi Angga/upi.edu)

Komentar

komentar