Home » Headline » FPBS UPI Gelar Kajian Bahasa, Sastra, Seni, dan Pembelajarannya

FPBS UPI Gelar Kajian Bahasa, Sastra, Seni, dan Pembelajarannya

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Pemikiran inovatif dalam kajian bahasa, sastra, seni, dan pembelajarannya, merupakan tema yang diangkat dalam Seminar Internasional yang diselenggarakan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia (FPBS UPI), Rabu (30/11), di Gedung Kebudayaan UPI, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Kegiatan yang merupakan Forum Ilmiah VII ini bertujuan untuk menemukan berbagai solusi yang dianggap tepat dalam menjawab berbagai tantangan dan kemajuan dalam bidang bahasa, sastra, dan seni, mengembangkan dan mendorong dihasilkannya karya inovatif oleh para akademisi, praktisi, dan pemerhati pendidikan bahasa, sastra, dan seni.

Forum ilmiah ini memberikan nilai tambah pada karya inovatif yang telah ada, membuka peluang untuk berbagi informasi bagi para akademisi dan peneliti sehingga memiliki pengayaan, perluasan, dan penajaman olah pikir untuk menciptakan dan mengembangkan karya selanjutnya, menciptakan sarana kerja sama dengan instansi lain yang terkait.

Dinamika pemikiran dan temuan bidang bahasa, sastra, seni, serta pembelajarannya berlangsung dinamis setiap saat. Dinamika tersebut harus mendapatkan respons yang serius untuk mendapatkan formula yang dapat digunakan dalam pengembangan ketiga bidang ilmu tersebut, baik dalam ranah teoretis maupun praktis. Respons keilmuan pun dapat diberikan dalam beragam kegiatan yang bukan sekadar berfungsi melestarikan keberlangsungan ketiga bidang tersebut, tetapi secara preventif dapat mengantisipasi perubahan dan tantangan di masa mendatang.

Sejak tahun 2005 FPBS UPI menyelenggarakan kegiatan forum ilmiah dalam bentuk seminar Kajian Bahasa dan Seni. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai wahana untuk mengomunikasikan berbagai penemuan dan pemikiran dalam bidang bahasa, sastra, dan seni kepada masyarakat pemerhati, peminat, dan penggunanya.

Saat ini penemuan pada ketiga bidang yang dihasilkan oleh para peneliti dan akademisi tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Padahal tidak sedikit dari temuan itu berbasis realitas lapangan yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan pendidikan bahasa, sastra, dan seni. Dalam rangka memadukan antara hasil penemuan dengan pengalaman para praktisi pendidikan di lapangan, kegiatan seminar kajian bahasa, sastra, dan seni ini dilaksanakan.

Forum ini diharapkan menjadi wahana diseminasi dan transaksi keilmuan berbagai pemikiran dan penemuan serta sekaligus menjadi forum berbagi pengalaman dan pemecahan permasalahan berkenaan dengan pengajaran bahasa, sastra, dan seni. Dengan demikian, para akademisi dan peneliti dapat mengaplikasikan temuan dan pemikirannya di lapangan pendidikan yang lebih nyata.

Hadir pemateri sebagai pembicara kunci (keynote speaker), terdiri atas para dosen yang berkualifikasi dalam bidangnya, dan para praktisi pendidikan, antara lain Prof. Bill Watson (Kent University, Inggris), Dr. Ayat Suryatna, M.Si., Dr. Agus Salam Rahmat, M.Pd., Dr. Dadang S. Anshori, M.Si., Dr. Mad `Ali, M.A., Dr. Sumiyadi, M.Hum., Dr. Yeti Mulyati, M.Pd., Dr. Zakarias S. Soeteja., M.Sn. Sementara untuk peserta yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri atas berbagai kalangan, seperti dosen, peneliti, guru, birokrat, pemerhati, dan peminat masalah bahasa, sastra, dan seni dari dalam dan luar negeri.

Untuk pemakalah pendamping, abstrak dan makalah lengkap ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, dikirim secara online ke: fpbs@upi.edu atau fpbsupi@yahoo.co.id dengan tembusan ke kasmahidayatyuliawan@yahoo.com. Abstrak dengan fontasi Times New Roman 12, tidak lebih dari 200 kata dengan mencantumkan informasi judul makalah, nama lengkap penulis dan anggota, alamat lengkap (nomor telpon & fax), alamat e-mail, biodata singkat (<50 kata).

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat FPBS UPI, jalan Dr. Setiabudhi nomor 229 Bandung, Jawa Barat Indonesia 40154, Tel/Fax: (022)-2015411, e-mail di fpbs@upi.edu; fpbsupi@yahoo.co.id; kasmahidayatyuliawan@yahoo.com, 081320454121 (Mad Ali), 081220331966 (Ahmad Tajudin), 085287523114 (Hernawan), 081320722518 (Yadi Mulyadi), 08121475102 (Yuliawan).

Sementara itu, biaya pendaftaran untuk panduan seminar, kumpulan abstrak, cd kumpulan makalah, seminar kit, kudapan dan makan siang (tidak termasuk transportasi dan penginapan), Mahasiswa S1 Rp 100.000 (lokal) dan 10 dolar AS (Internasional), Mahasiswa S2/S3 Rp 150.000 (lokal) dan 15dolar AS  (Internasional), Dosen/Guru Rp 150.000 (lokal) dan 15 dolar AS (Internasional), peserta luar negeri Rp 500.000 (lokal) dan 50 dolar AS (Internasional). Cara pembayarannya, dilakukan melalui BNI cabang UPI, a.n. Dr. Andoyo Sastromiharjo, M.Pd. Rekening Taplus nomor: 0178437163 (Bukti transfer dilampirkan). pendaftaran dari tanggal 15 Oktober s.d 25 November 2011.

Akomodasi bagi peserta dari luar Kota Bandung yang akan tinggal di Hotel, Panitia menawarkan dan merekomendasikan Isola Resort Training Center UPI, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Harga per kamar (untuk 2 orang): Rp 300.000, pemesanan dapat dilakukan melalui panitia selambat-lambatnya pada tanggal 25 November 2011. (Dodi/upi.edu)

Komentar

komentar