Pemprov Jabar Revitalisasi Taman Gedung Sate Jadi Ruang Terbuka

  • Whatsapp

Taman Gedung Sate

JabarToday.com, Bandung — Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) merenovasi taman di beberapa kawasan Gedung Sate.

Read More

Dengan anggaran Rp14 miliar, penataan taman dilakukan dengan konsep ruang terbuka dan bisa bebas dikunjungi oleh warga.

Konsep taman baru di kawasan pusat pemerintahan Pemprov Jabar ini nantinya menyerupai milik Taman Balai Kota Bandung dengan sentuhan berbeda, disesuaikan dengan arsitektur Gedung Sate.

Di depan halaman gedung kini terpampang spanduk berisi penguuman tentang pekerjaan fisik revitalisasi taman depan gedung dan belakang Gedung Sate. Disebutka, revitalisasi dilaksanakan mulai 30 September hingga 31 Desember 2019.

Taman Gedung Sate

Menurut Kepala Biro Umum Setda Jabar, Iip Hidajat, pengerjaan revitalisasi taman dilakukan secara marathon di taman bagian depan dan belakang.

“Revitalisasi ini DPA kita Rp 18 miliar, pemenang lelangnya, karena terbuka jadi ada Rp 14,9 miliar nilai kontraknya. Dari APBD murni,” katanya kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).

“Kami sudah rapat awal dengan pemenang lelang. Penekanan kami bekerja sesuai prosedur dan mekanisme, cuaca harus diantisipasi kalau musim hujan jangan ganggu pekerjaan, kita minta sistem shift. Pokoknya harus selesai Desember. Kita ada pendampingan dari kejaksaan juga,” lanjutnya.

Dijelaskan Iip, proses revitalisasi taman ini tidak menyentuh bangunan utama Gedung Sate yang masuk kategori cagar budaya.

“Semua melalui kajian dan pembahasan dengan tim cagar budaya Bandung mengenai bagian mana yang bisa untuk ditata,” jelasnya.

Taman baru ini nantinya dilengkapi air mancur dan amphitheatre dan bisa dikunjungi oleh masyarakat. Pihaknya ingin masyarakat menikmati suasana Gedung Sate secara langsung.

“Akses masyarakat kan selama ini banyaknya di depan (di luar pagar). Nah kenapa tidak di belakang biar leluasa, lalu lintas juga tidak terganggu karena lebih luas halaman belakang. Hampir tiap minggu orang ingin datang gedung sate, jadi akses masyarakat terpenuhi kita siapkan dari sisi kenyamanan, estetika,” jelas dia.

Taman Gedung Sate adalah taman yang terdapat di dalam area gedung pemerintahan Provinsi Jawa Barat atau lebih dikenal dengan Gedung Sate. Gedung pemerintahan ini terletak di Jalan Diponegoro, Kelurahan Citarum, Kota Bandung, dengan luas area 27.990.859 m2.

Di dalam gedung pemerintahan ini terdapat taman-taman yang lokasinya terpisah, sehingga sebenarnya tidak terlalu jelas taman man Taman Gedung Sate yang dimaksud.

Berdasarkan data dari Dinas Pertamanan, luas keseluruhan Taman Gedung Sate (jumlah keseluruhan dari taman-taman kecil di dalamnya) adalah 16.000 m2. (jt2/dtc/pr).*

 

Related posts