Pemkab Kuningan Akan Bangun Kawasan Hutan Kota

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM.: KUNINGAN

Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, akan membangun sebuah kawasan hutan kota  di atas lahan kritis bekas lokasi penambangan batu di Blok Mayasih, Kelurahan dan Kec. Cigugur, Kab. Kuningan.

Menurut Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kab. Kuningan Lili Suherli, rencana tersebut akan dilaksanakan mulai tahun 2012.

Dijelaskan bahwa lahan yang akan dibangun Kawasan hutan kota itu merupakan lahan  bekas penambangan batu yang berstatus  tanah milik pemerintah desa atau kelurahan.

“Pembangunan kawasan hutan kota di Blok Mayasih itu, merupakan salah satu dari sebelas lokasi rencana pembuatan kawasan hutan kota yang sudah ditetapkan oleh Pemkab Kuningan,” ujar Lili Suherli.

Kesebelas lokasi hutan kota yang sudah ditetapkan itu, menurut keterangan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Kuningan, tersebar di sepuluh wilayah kecamatan. Masing-masing di Kec. Japara, Pancalang, Luragung, Cigugur, Kuningan, Lebakwangi, Cibingbin, Ciniru, Hantara, dan Kec. Cigandamekar.

Dua kawasan hutan kota di antaranya, terdapat di wilayah Kec. Cigugur. Satu di Bukit Bungkirit sekitar perbatasan wilayah Kec. Cigugur dengan wilayah Kec. Kuningan, dan satu lagi di perbukitan Blok Mayasih.

Dari sebelas lokasi kawasan hutan kota tersebut, dua di antaranya sudah terwujud. Masing-masing, kawasan Hutan Kota Bungkirit, dan Hutan Kota Garatengah di Desa Garatengah, Kec. Japara.

Malahan, menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Kuningan Ukas Suharfaputra, populasi pohon di kedua kawasan hutan kota tersebut, terutama di Hutan Kota Bungkirit, saat ini sudah mulai padat. Terlebih, belakangan ini kedua kawasan hutan kota itu sering dijadikan lokasi gerakan penanaman pohon baik yang diselenggarakan Pemkab Kuningan, maupun dari sejumlah lembaga luar lingkup Pemkab Kuningan.[alfian]

Berita Terkait