Home » Ekonomi » Jaga Kelestarian, Lingkungan PLN Lakukan yang Satu Ini

Jaga Kelestarian, Lingkungan PLN Lakukan yang Satu Ini

GM PT PLN (Persero) UID Jabar, Iwan Purwana, saat penanaman pohon di Desa Girimekar Kabupaten Bandung.
(jabarttoday.com/ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Terjaganya kelestarian lingkungan memberi dampak positif bagi masyarakat. Dasar itu yang membuat PT PLN (Persero) Unit Insuk Distribusi (UID) Jabar punya perhatian besar terhadap lingkungan. Sejumlah upaya pun ditempuh lembaga BUMN itu. Di antaranya melakukan penanaman pohon.

“Sejujurnya, hingga kini, kami sulit memastikan berapa jumlah total batang pohon yang ditanam. Perkiraan kami, jumlahnya mencapai ratusan ribu, atau mungkin jutaan batang pohon,” tandas General Manager PT PLN (Persero) DJB, Iwan Purwana, usai penanaman 3.805 batang pohon, untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, di Pondok Quran Boarding School di Bukit Citarik RT.01/05 Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Rabu (28/11).

Iwan menjelaskan, penanaman pohon itu merupakan bagian program  PLN Menanam 22.000 batang pohon di seluruh wilayah operasional secara serentak.

Menurutnya, agenda ini punya makna penting. Yaitu, jelasnya, tidak hanya menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga demi masa depan generasi berikutnya.

Pihaknya, tutur dia, bersama Yayasan Buana Hijau Sejahtera, PLN UID Jabar mengusung konsep pembangunan Arboretum-ku Bersinar sebagai pusat koleksi pohon asli dan buah tropis. Rencananya, lahan yang ditanami beraneka jenis pohon itu termanfaatkan berbagai aktivitas produktif maupun sarana pembelajaran.

Untuk menjamin keberlanjutan program ini, ujar Iwan, pihaknya menggandeng pondok pesantren (pontren) di beberapa wilayah berlahan potensial sebagai Arboretum Pohon Asli dan Buah Tropis Indonesia Berbasis Pesantren.

Dia mengatakan, dalam program ini, ada 6 pontren yang berada di 3 DAS (daerah aliran sungai) berbeda. Di antaranya, ucapnya, Pondok Quran Boarding School dan Pondok Pesantren Al-Logawi, daerah tangkapan air DAS Citarum.

“Lalu, SMP IT Al-Fawaz di hulu DAS Cimanuk. Kemudian, Madrasah Al-Furqon dan Ponpes An-Nuur yang berada pada bagian tengah DAS Cimanuk. Selanjutnya, Pontren Suryalaya di hulu DAS Citanduy,” paparnya.  (win)

Komentar

komentar