Diecky, Komponis Muda Asia Tenggara Terpilih

  • Whatsapp
Mahasiswa S2 SPS UPI, Diecky Kurniawan Indrapraja nominator Komponis Muda Asia Tenggara (Courtesy upi.edu)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Komponis muda Indonesia, Diecky Kurniawan Indrapraja, yang juga mahasiswa SPS UPI terpilih dalam kompetisi Komponis Muda Asia Tenggara 2011 yang digelar Goethe Institut-UPI.

Para juri yang berasal dari  Jerman, Filipina, Singapura, Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Indonesia menyeleksi 70 karya musik dengan standar mutu yang tinggi dan memprioritaskan pada karya yang menggunakan alat musik dari dua budaya. Mereka memilih 10 karya terbaik untuk dipentaskan di Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta.

Selain Diecky, yang masuk nominasi lainnya adalah Danilo Endangan Imson, Alexander J.L. Villanueva, dan Reis Luke Aquino (Filipina),  Huey Ching Chong,  dan Ainolnaim Bin Azizol (Malaysia),  Diana Li Ling Soh, Chow Jun Yan, Gan Ruo Xian (Singapura) dan Matius Shan Boone (Indonesia).

Dari sepuluh karya terbaik tersebut, akan dipilih kembali 3 karya terbaik  melalui sebuah pertanggungjawaban di hadapan juri internasional dan peserta workshop undangan pada tanggal 3 sampai 7 Oktober 2011. Tiga pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar €3.000,00 untuk pemenang pertama, pemenang kedua sebesar €2.000,00, dan pemenang ketiga sebesar  €1000,00.

Diecky  mengaku sering berpartisipasi dalam berbagai  lokakarya yang dipandu Shin Nakagawa, Roderick de Man, Jody Diamond, dan Armeno Alberts. “Saya juga banyak belajar dari komponis sekaliber internasional yaitu Slamet A. Sjukur, Dieter Mack, dan Iwan Gunawan,” ujar Diecky.

Menurut  Diecky, karyanya  “Interruption” dan sembilan karya lainnya akan dimainkan oleh ensemble mosaik dengan Kiai Fatahillah pada tanggal 8 Oktober 2011, jam 19.30 di Teater Tertutup Taman Budaya Bandung. Pertunjukan dilanjutkan pada tanggal 10 Oktober di Taman Budaya Yogyakarta, dan 11 Oktober di Goethe Institut Jakarta. (fzf/berita.upi.edu)

Berita Terkait