Home » Bandung Raya » Kadisparbud Jabar Inspeksi Destinasi Wisata, Ini Hasilnya

Kadisparbud Jabar Inspeksi Destinasi Wisata, Ini Hasilnya

JABARTODAY.COM – BANDUNG Jelang Idul Fitri 1440 H, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik melakukan inspeksi kesiapan di sejumlah destinasi wisata di wilayah Bandung Raya, Selasa (15/5).

Beberapa lokasi diantaranya adalah Farm House Lembang, Taman Nasional Gunung Tangkuban Perahu, serta Sari Ater Subang.

Saat menyambangi Sari Ater Subang, Dedy berbincang dengan pihak pengelola. Sari Ater telah melakukan berbagai perbaikan infrastruktur layanan maupun sistem penanganan pengunjung,

Perbaikan guna menyambut wisatawan domestik maupun mancanegara, diantaranya  penyiapan sarana  penanggulangan gawat darurat, dan peningkatan kenyamanan pelanggan.

“Setiap liburan, rata-rata kunjungannya bisa sampai 20 hingga 25 ribu orang. Itu keterangan dari pengelola,” tukas Dedi.

Berdasarkan keterangan pengelola, ucap Dedy, sampai dengan H-30, amenitas di kawasan Sari Ater dari 80 kamar dan 94 cottage, telah terjual sekitar 80 persen. Produk “Moslem Friendly Tourism” pun telah disiapkan, sehingga tidak perlu dikhawatirkan bagi para wisatawan yang menginginkan produk ramah muslim.

Sementara itu, saat meninjau kawasan Wisata Alam Tangkuban Perahu, Dedi berdialog langsung dengan Manajer Operasional Ruslan Kaban.

“Mereka sudah mempersiapkan juga, terutama untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pengunjung,” cetus Dedi.

Sedangkan mengenai harga tiket masuk yang dinilai terlalu mahal, diakui pengelola bahwa hal tersebut merupakan kebijakan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Maka itu, Dedi menekankan agar pengelola memperhatikan kenyamanan pelanggan.

“Meski harga tiket mahal, namun pengelola harus fokus dan memperhatikan kenyamanan para pengunjung,” tegas Dedi.

Usai melakukan peninjauan di Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu, rombongan pun bergerak menuju destinasi wisata lainnya yang ada di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat, salah satunya Farm House.

Dedi menerangkan, bila pihak  pengelola telah mengantisipasi membludaknya pengunjung, salah satunya menyiapkan lahan parkir tambahan di luar arena. Untuk itu, pengelola menjalin kerja sama dengan pihak pengamanan guna antisipasi kemacetan di sekitar area Farm House.

“Alhamdulilah, nampaknya para pengelola destinasi di Jawa Barat telah mempersiapkan kawasannya untuk menyambut hari libur lebaran dengan baik. Dan kepuasan pelanggan menjadi ukuran utama pariwisata Jawa Barat menuju standar dunia,” pungkas Dedi. (*)

Komentar

komentar