Home » Balad Persib » Drama Adu Penalti Antar Matador ke Final

Drama Adu Penalti Antar Matador ke Final

Spanyol vs Portugal

JABARTODAY.COM – DONETS’K

Spanyol memastikan menginjakkan kakinya di Olympic Stadium, Kyiv, Ukraina, tempat berlangsungnya babak final Piala Eropa 2012 pada 2 Juli mendatang setelah memenangi tos-tosan kontra Portugal dalam pertandingan semifinal di Donbass Arena, Donets’k, Kamis (28/6) dinihari WIB. Gelandang Barcelona Cesc Fabregas menjadi penentu kemenangan La Furia Roja setelah tendangannya berhasil memantul dari tiang gawang kiri ke sudut kanan gawang Portugal yang dijaga Rui Patricio.

Laga berjalan alot hampir sepanjang laga yang berakhir dengan perpanjangan waktu tersebut. Jual-beli serangan terus terjadi selama 120 menit. Matador yang mendominasi penguasaan bola beberapa kali gagal memanfaatkan peluang menjadi gol. Rapatnya pertahanan Selecao Benua Biru memaksa Matador menguji kiper kelas wahid mereka di babak penalti. Beruntung Iker Casillas yang tampil stabil sepanjang turnamen berhasil menjalankan tugas dengan baik.

Alenatore Spanyol Vicente del Bosque secara mengejutkan menurunkan Alvaro Negredo sejak babak kick-off. Tukang gedor Svilla ini memaksa Fernando Torres dan Fernando Llorente duduk di bench. Sayang penampilan penyerang 26 tahun ini jeblok, hingga pada menit ke-54  digantikan Fabregas. Alumni La Masia yang sempat menyandang ban kapten Arsenal ini berhasil menunjukkan performa terbaiknya, puncaknya saat menjadi penentu kemenangna La Furia Roja.

Di kubu Portugal, pelatih Paolo Bento tidak bisa menampilkan starter yang sama seperti dalam tujuh pertandingan terakhir setelah Helder Postiga mengalami cedera saat lawan Republik Ceko di babak perempat-final. Hugo Almeida mendapat kepercayaan untuk mengisi pos tersebut dan posisinya ditopang oleh Cristiano Ronaldo di sayap kiri dan Nani di sayap kanan. Racikan baru tak mengurangi kekompakan tim dalam meredam amukan Matador.

Dalam drama penalti, Xabi Alonso tampil sebagai penendang pertama Spanyol. Sayang gelandang Real Madrid yang berjasa menyarangkan dua gol pada laga sebelumnya gagal memberikan poin setelah tendangannya mampu dihalau Patricio. Beruntung tendangan pertama Portugal dari Joao Moutinho juga berhasil dihalau Casillas.

Penendang Spanyol berikutnya, Iniesta, Pique, dan Ramos berhasil menjalankan tugas. Demikian pula dua penendang Portugal berikutnya, Pepe dan Nani. Namun, Bruno Alves gagal karena bola mengenai mistar gawang. Unggul satu bola membawa peluang lebih besar bagi Matador. Dan, gooool! Fabregas berhasil menyarangkan bola sehingga membuat kedudukan menjadi 4-2.

Matador melaju ke final sekaligus diunggulkan mempertahankan gelar 2008 lalu di Swiss. Di partai puncak, sang juara bertahan akan menghadapi pemenang antara Italia dan Jerman, yang baru akan berlangsung pada Jum’at (29/6) dini hari.(Najip Hendra SP)

Komentar

komentar