Home » Sosok » Kala Para Veteran Berkeliling Kota dengan Mobil Mewah

Kala Para Veteran Berkeliling Kota dengan Mobil Mewah

Para veteran berkeliling Kota Bandung dengan menggunakan Mercy dalam kegiatan yang dilakukan MB W212 CI, Minggu (11/12). (jabartoday/avila dwiputra)

Para veteran berkeliling Kota Bandung dengan menggunakan Mercy dalam kegiatan yang dilakukan MB W212 CI, Minggu (11/12). (jabartoday/avila dwiputra)

Dengan langkah yang sudah tidak seperti jaman muda mereka, para veteran perang kemerdekaan Indonesia, masih menunjukkan semangat saat menceritakan kisah mereka kepada generasi muda. Semangat dan hasil perjuangan mereka itu diapresiasi oleh Mercedes Benz W212 Community Indonesia, dengan mengadakan bakti sosial bertajuk ‘Sehari Bersama Veteran’, Minggu (11/12).

Avila Dwiputra, Bandung

Sebanyak 43 veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia Jawa Barat berkeliling menggunakan Mercy, melintasi Monumen Perjuangan Rakyat Jabar, Jalan Merdeka, Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), dan Jalan Dipatiukur. Menggunakan seragam lengkap, mereka tak berhenti senyum dan melambaikan tangan kepada masyarakat pengguna jalan. Perjalanan mereka berakhir di Kopi Endeus untuk makan siang bersama dan berkumpul dengan rekan-rekan sepejuang lainnya.

Menurut Ketua Baksos MB W212 CI Luke Rachmat Surya, acara ini sebagai wujud terima kasih pihaknya atas perjuangan para veteran tersebut. “Kegiatan ini sangat jarang dilakukan masyarakat, terutama komunitas. Kami akan mendengarkan cerita perjuangan mereka, yang diharapkan bisa menggugah rasa nasionalisme generasi muda,” ujar Luke, di sela-sela kegiatan, di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Luke berharap, kegiatan yang diselenggarakan pihaknya dapat menjadi kenangan indah bagi para veteran tersebut. Tak sekedar mengajak berkeliling, pihaknya juga memberikan bantuan kepada sosok-sosok yang telah membela Indonesia dari tangan penjajah. “Kita mengajarkan kepada keluarga cara berterima kasih kepada para veteran,” tukas dia.

Di tempat sama, Kepala Biro Generasi Muda LVRI Jabar Brigadir Jenderal (purn) Wawan Ridwan menyambut hangat kegiatan yang dilakukan komunitas pemilik mobil mewah tersebut. Wawan memandang, ajang ini dapat mempersatukan kembali generasi muda dengan para veteran. “Kondisi saat ini membutuhkan persatuan dan kesatuan, karenanya kami mengapresiasi apa yang dilakukan MB W212 CI,” sahutnya.

Wawan memaparkan, masih ada cita-cita pejuang kemerdekaan yang belum terwujud hingga kini, salah satunya belum sejahteranya para veteran. Tak hanya itu, masih banyak pula ancaman yang ingin memecah belah bangsa Indonesia, antara lain korupsi, narkoba, isu SARA, hingga terorisme. “Kami ingin semua pihak dan elemen bangsa memertahankan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” ucap dia. (*)

Komentar

komentar