ojk
Home » Politik » DPC PDIP Kota Bandung Lolos Verifikasi Faktual

DPC PDIP Kota Bandung Lolos Verifikasi Faktual

Pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Bandung mengabadikan momen bersama pimpinan KPU Kota Bandung dan Panwaslu Kota Bandung, Selasa (30/1). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung Rifqi Alimubarok menyatakan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan merupakan partai terakhir yang lolos verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Bandung.

PDI Perjuangan dinyatakan lolos setelah memenuhi tiga persyaratan yang dibutuhkan, salah satunya kecocokan KTA/KTP pengurus dan kehadiran pengurus pada hari-H verifikasi.

“Selanjutnya izin sewa sekretariat dan keterwakilan perempuan 30 persen,” ucap Rifqi di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, Jalan Martanegara, Selasa (30/1/2018) malam.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Isa Subagdja mengatakan, partainya telah menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan sejak jauh-jauh hari. Karena itu, tidak heran jika partai moncong putih itu memenuhi tiga macam persyaratan tersebut.

“Partai kami juga telah memenuhi syarat keterwakilan perempuan. (Sudah) melebihi syarat 30 persen keterwakilan perempuan, dari 14 pengurus 6 di antaranya perempuan,” ungkap Isa.

Usai melakukan verifikasi faktual sejak sore hingga malam, KPU Kota Bandung menyatakan PDI Perjuangan lolos sebagai peserta Pemilihan Umum 2019.

“Dari jumlah kewajiban anggota yang disampling sebanyak 72 orang, DPC PDI Perjuangan menghadirkan sebanyak 96 orang, sehingga melebihi yang dipersyaratkan,” sambung Rifqi.

Rifqi mengklaim, tidak ada kendala dalam melakukan verifikasi faktual, bahkan para kader cukup membantu pada proses tersebut. Seperti dalam menverifikasi struktur partai di setiap tingkatan, mulai ranting dan anak cabang. Semua yang hadir di sekretariat partai, masing-masing mampu menunjukkan legalitasnya sebagai bagian tak tetpisahkan dari partai.

“Kita yang harusnya mendatangi, tetapi cukup dengan di DPC, pelaksanaan verifikasi faktual yang membuktikan keabsahan keanggotaan dengan KTA (kartu tanda anggota), KTP (kartu tanda penduduk), atau ada beberapa yang menggunakan suket (surat keterangan pengganti KTP elektronik) semua berjalan sesuai prosedur,” beber Rifqi.

Sebelumnya, sejak pagi KPUD Kota Bandung telah menyambangi empat sekretariat partai politik, yakni Golkar, Demokrat, Gerindra, dan Partai Solidaritas Indonesia untuk melakukan verifikasi faktual. Keseluruh partai lolos sebagai peserta Pemilu 2019 mendatang. (edi)

Komentar

komentar