Home » Peristiwa » Mendagri Diam-diam Kunjungi Ridwan Kamil

Mendagri Diam-diam Kunjungi Ridwan Kamil

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri) dicegat awak media usai kunjungan mendadak ke Balai Kota Bandung, Senin (6/3). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Tanpa direncanakan dan nyaris di luar radar awak media, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendatangi Balai Kota Bandung, Senin (6/3). Sebelumnya, Tjahjo melantik sejumlah pejabat Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

“Ya kami diam-diam berkunjung ke kantornya Pak Wali Kota (Ridwan Kamil) ini karena dengan smart city-nya ini, dengan berbagai inovasi sebagai walikota yang banyak mendapatkan penghargaan, saya kira menjadikan Kota Bandung sebagai kota percontohan lah setidaknya,” ujar Tjahjo.

Sehingga, kata Tjahjo, wajar dirinya datang memberi apresiasi. Sebab, kinerja wali kota tidak hanya membangun infrastruktur ekonomi, tetapi juga infrastruktur sosial. Di samping itu, perhatiannya terhadap masalah kemiskinan dengan memberi kemudahan kepada masyarakat patut diapresiasi. “Pak Wali Kota punya ratusan aplikasi, nanti kita akan menyampaikan ke semua daerah sebagai percontohan,” jelas Tjahjo.

Tjahjo berani mengatakan, daerah seperti Bandung, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar, Jogjakarta, Bantaeng, hingga kota kecil sekalipun tapi memiliki sejumlah inovasi patut ditiru. “Saya kira kalau ini bisa seragam pekerjaan pemerintahan akan lebih mudah,” klaim Tjahjo.

Di kesempatan sama, Tjahjo mencontohkan kegunaan aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan.  “Kami sudah punya data, kalau pencet satu kelurahan di Bandung sudah bisa kelihatan jumlah penduduk serta identitas dirinya,” tutur Mendagri. (koe)

Komentar

komentar