Home » Headline » Dongkrak Publikasi Ilmiah, UNIKU Gandeng UPI

Dongkrak Publikasi Ilmiah, UNIKU Gandeng UPI

Prof. Dr. Yaya S. Kusumah (Direktur SPS UPI) dan Dr. Iskandar, MM (Direktur SPS UNIKU) berfose bersama usai penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pengembangan Publikasi Ilmiah di Gedung SPS UPI, Bandung, Senin, 31 Desember 2018 (Jabartoday.com/ruz)

JABARTODAY.COM-BANDUNG. Untuk mendongkrak kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah, Sekolah Pascasarjana Universitas Kuningan (SPS Uniku) menggandeng Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (SPS UPI) dengan ditandai oleh penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara kedua lembaga, Senin (31/12/2018). Kedua pihak menyepakati kerjasama akademik melalui kegiatan-kegiatan ilmiah seperti visiting professor, joint research, joint conference dan publikasi ilmiah bersama.

“Secara informal, SPS UNIKU sebagai junior partner, sebenarnya telah menjalin kerjasama yang cukup lama dan intensif dengan UPI, namun baru kali ini diformalkan. Kerjasama intensif UNIKU-UPI akan diarahkan pada kegiatan-kegiatan ilmiah yang secara langsung mampu menggenjot kompetensi sumberdaya manusia SPS UNIKU, terutama dalam hal riset dan publikasi ilmiah, ” jelas Direktur SPS UNIKU, Dr. Iskandar, MM, di kampus SPS UPI, Bandung, Senin (31/12/2018).

Para pakar UPI, jelas Iskandar, akan diundang dalam kegiatan Workshop Series terkait penulisan proposal penelitian, metodologi penelitian dan publikasi ilmiah di jurnal-jurnal bereputasi internasional terindeks di Scopus dan Web of Science (WoS). Termasuk di dalamnya, SPS UNIKU bisa memanfaatkan kehadiran profesor-profesor asing yang diundang oleh SPS UPI untuk mengisi di Seminar Internasional atau sebagai dosen tamu (guest lecturer) di UNIKU. Kerjasama akan berjalan secara resiprokal, bila UNIKU menghadirkan profesor asing, UPI bisa juga memanfaatkannya dalam forum ilmiah di UPI.

Direktur SPS UPI, Prof. Dr. Yaya S Kusumah mengungkapkan, kerjasama UNIKU-UPI ini akan memberikan dampak signifikan dalam pengembangan kapasitas UNIKU. Kemitraan ini juga bagian dari implementasi visi UPI sebagai universitas pelopor dan unggul  (leading and outstanding university) di bidang pendidikan.

“Jejaring internasional UPI sudah meliputi berbagai negara di lima benua. Program-program internasional telah banyak dilakukan UPI seperti kelas internasional IPS, sandwitch program, visiting professor, dual degree, joint research, joint conference, sit in program, students exchange, PPL luar negeri dan lain-lain,” jelas Guru Besar Matematika UPI ini.

Jejaring akademik internasional ini, jelas Prof Yaya, bisa dimanfaatkan UNIKU untuk meningkatkan kapasitasnya secara berkelanjutan.

“UPI memiliki komitmen tinggi bersama-sama dengan mitra kerjasama, termasuk UNIKU dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu. Sebagai LPTK pelopor dan tertua, UPI tentu harus bekerjasama dengan perguruan tinggi lain guna mewujudkan visinya sebagai universitas pelopor dan unggul,” tuturnya. (ruz)

Komentar

komentar