Home » Headline » Magister Pendidikan Ekonomi UNS Gelar Workshop Jurnal Internasional Bereputasi

Magister Pendidikan Ekonomi UNS Gelar Workshop Jurnal Internasional Bereputasi

Para peserta workshop Jurnal Internasional MPE UNS (dok.MPE UNS)

JABARTODAY.COM – Peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia yang jauh tertinggal dari negara-negara tetangga mendorong alumni   Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar workshop “Strategi Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kampus UNS Surakarta, pekan lalu.

Menurut Ketua Ikatan Alumni Magister Pendidikan Ekonomi UNS Solo, Badrus Sholeh, S.Pd., M.Pd, kegiatan workshop tersebut juga dilaksanakan bersamaan dengan Temu Alumni Magister Pendidikan Ekonomi UNS yang telah menyebar ke berbagai kampus di Indonesia.

“Kita mendorong agar kegiatan tersebut mmapu membangun jalinan silaturahim guna meningjatkan kapasitas dan keterampilan para alumni dalam mengabdikan ilmunya di tempat mereka mengabdi,” jelas Badrus.

Menurut Badrus, kegiatan tersebut sengaja menumbuhkan minat para alumni yang nota bene dosen agar lebih termotivasi untuk menulis dalam jurnal internasional. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Sulistiyo Saputro, M.Si., Ph.D selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  UNS Surakarta.

Badrus menambahkan, melalui kegiatan workshop tersebut  para peserta dibekali materi terkait  bagimana menemukan ide sebelum memulai  riset, cara penulisan artikel yang baik dan benar, dan pengiriman artikel ke jurnal internasional yang bereputasi.  Peserta kegiatan ini terdiri dari 23  alumni yang tersebar diberbagai sekolah-sekolah dan dosen perguruan tinggi di indonesia  dan didampingi 6 mahasiswa MPE UNS.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi UNS Surakarta. Dr. Dewi Kusuma Wardani,M.Si mengatakan, MPE UNS telah melahirkan alumni-alumni berprestasi yang telah berkiprah di bidangnya masing-masing.

“Banyak dari alumni kami yang menjadi guru dan dosen  teladan nasional, maupun pengusaha sukses, utnutk itu  kami selaku pengelola program studi akan terus mengawal dan terus meningkatan senergitas antara alumni dengan lembaga dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.” Jelas Dewi Kusuma.

Dewi menjelaskan bahwa MPE UNS merupakan program pasca sarjana  yang telah menjadi rujukan MPE di Indonesia dengan akreditasi A. Untuk memperkuat tali silaturahim diantara alumni MPE UNS, Dewi menegaskan tentang pentingnya peran alumni dalam mendorong kemajuan di masyarakat. Untuk itu pada saat yang sama dibentuklah Ikatan Alumni Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta (IKA MPE UNS) periode kepengurusan 2017-2021, dengan susunan pengurus sebagai berikut; Ketua Umum Badrus Sholeh, S.Pd.,M.Pd dan Wakil Ketua Umum Gunawan, S.E., M.Pd sementara Bendahara di jabat Dini Octoria, S.Pd.,M.Pd dan Sekretaris dijabat Subroto Rapih, S.Pd.,M.Pd.  (jos)

Komentar

komentar