Home » Headline » Dosen UNPAM Ingatkan Bahaya Medsos Bagi Perkembangan Belajar Siswa

Dosen UNPAM Ingatkan Bahaya Medsos Bagi Perkembangan Belajar Siswa

Para dosen Manajemen Universitas Pamulang sedang memberikan penyuluhan mengenai Plus Minus Media Sosial dan Prospek Kewirausahaan di SMAN 10 Depok Jawa Barat (dok.JT)

JABARTODAY.COM- Perkembangan media sosial dalam masyarakat kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Disamping berbagai pengaruh positif, media sosial juga melahirkan dampak negatif yang akan mengganggu perkembangan belajar masyarakat, terutama para siswa yang sedang belajar di sekolah. Untuk itu para dosen Universitas Pamulang merasa ikut terpanggil untuk memberikan penyuluhan dan training seputar seluk beluk Media Sosial dan Implikasinya bagi siswa.

Kepedulian tersebut diwujudkan dan disalurkan melalui kegiatan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan pengabdian tersebut dosen UNPAM menyelenggarakan penyuluhan mengenai media sosial dan dampaknya di sekolah-sekolah secara bergilir.  Pada  Selasa (26/9) lalu misalnya, para kelompok dosen Program Studi Manajemen menyelenggarakan Penyuluhan Medsos tersebut di SMA 10 Depok Jawa Barat.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan  Pengabdian Masyarakat (PKM) Susanto SH, MH, kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada para siswa agar mereka tidak larut bermain medsos. “Kami sengaja tunjukkan kepada para siswa tentang dampak positif maupun negatifnya apa saja, lalu kami arahkan agar mereka dapat menggunakan medsos secara bijak. Sebab Medsos yang dilakukan secara tidak bijak akan menyebabkan yang bersangkutan bisa terkena sanksi hukum,” jelas kandidat doktor bidang hukum itu.

Para siswa SMAN 40 Depok sangat antusias mendengarkan materi dari para dosen UNPAM (dok.JT)

Susanto yang ditemani sekitar 15 dosen tersebut juga menambahkan, kegiatan penyuluhan kepada para siswa tersebut juga dibarengi dengan penyuluhan dalam bidang kewirausahaan.  Salah seorang pemateri bidang Kewirausahaan, Muger Apriyansyah, SIP, MM mengatakan, pemberian keterampilan kewirausahaan tersebut dimaksudkan agar para siswa memiliki keinginan dan tertarik untuk menjadi wiraswastawan yang berhasil dalam masyarakat.

“Menjadi pengusaha itu peluangnya sangat luas sekali, kemajuan masyarakat dan masa depan bangsa akan sangat ditentukan oleh keberhasilan para pengusaha dalam membangun usaha dalam masyarakat, jadi menjadi mengusaha itu penting sekali,” jelas Muger Apriyansyah.

Melihat antusiasme para siswa  dalam mengikuti  kegiatan tersebut, Kepala Sekolah  SMAN 10 Depok,  Siti Faizah, S.Pd mengaku sangat berterima kasih atas kehadiran dan partisipasi rombongan dosen UNPAM dalam keiaan tersebut. Siti Faizah berharap di masa mendatang, sinergi sekolah dan kampus harus terus dikembangkan untuk memajukan dunia pendidikan. (jos)

Komentar

komentar