Lima Mahasiswa Uniku Mengikuti UUM International Summer Programme di Malaysia

Rektor Uniku Dr. H. Dikdik Harjadi, SE. M.Si. melepas keberangkatan lima mahasiwanya untuk ikut serta dalam “UUM International Summer Programme 2017” di kampus Universitas Utara Malaysia di Sintok, Kedah, Malaysia. Rabu (9/8/2017).
JABARTODAY.COM-KUNINGAN. Lima mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) pekan ini akan bertolak ke Malaysia untuk mengikuti “UUM International Summer Programme 2017” di kampus Universitas Utara Malaysia di Sintok, Kedah, Malaysia. Lima mahasiswa itu berasal lima Fakultas yakni Nursidik (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Dede Husen (Fakultas Komputer), Dedi Suryadi (Fakultas Kehutanan), Nadya Lova Ramadhanti (Fakultas Hukum) dan Vierda Dewi Rahmawati (Fakultas Ekonomi).

Mereka akan berada di sana selama sepuluh hari (11-20 Agustus 2017) untuk mengikuti rangkaian kegiatan Summer Programme yang bernuansa akademik, budaya, sosial-budaya dan kepemimpinan. Keberangkatan mereka dilepas secara resmi oleh Rektor Uniku Dr. H. Dikdik Harjadi, SE. M.Si. di Gedung Rektorat, Rabu (9/8/2017).

Dikdik Harjadi mengungkapkan, pengiriman mahasiswa ke luar negeri dalam program “UUM International Summer Programme 2017” merupakan kali kedua setelah sebelumnya mengirimkan satu mahasiswa untuk mengikuti sit in program di Rajamanggala University of Technology Krungthep (RMUTK), Bangkok, Thailand.

“Kegiatan Summer Programme ini menjadi wahana bagi mahasiswa terpiih Uniku agar mengalami dan merasakan langsung iklim dan budaya akademik perguruan tinggi di luar negeri. Pengalaman internasional ini akan sangat bermanfaat bagi masa depan mereka karena akan mendapat pengetahuan dan wawasan internasional,” jelas Dikdik.
Dikdik menekankan pentingnya program ini mengingat Uniku secara pelan tapi pasti terus membangun kerjasama internasional antar perguruan tinggi dan lembaga-lembaga internasional lainnya baik di kawasan ASEAN, Asia-Pasifik, Australia maupun Eropah.

“Keikutsertaan mahasiswa Uniku di ajang internasional UUM ini merupakan salah satu realisasi Nota Kesepahaman atau MoU antara Uniku dengan UUM yang ditandatangani awal 2016 lalu. Sebelumnya kami mengirim dua delegasi di ASEAN-Japan Research Forum di kampus Kanzai University of International Studies, Osaka, Jepang, Summer Course serta Workshop tentang Publikasi Jurnal Internasioal,” tutur rektor.

Kepada para mahasiswa program UUM Internasional Summer Programme 2017, Dikdik berpesan agar secara aktif terlibat dalam seluruh kegiatan serta menjaga nama baik Uniku, bangsa dan negara selama berada di negeri jiran tersebut.

“Saya berpesan kepada anak-anakku semua agar mengambil peran aktif dalam kegiatan Summer Program ini karena tidak semua mahasiswa berkesempatan mengikuti program ini. Seluruh biaya ditanggung oleh Uniku. Saat ini baru lima orang mahasiswa yang kita kirim, selanjutnya kami akan kirim sebanyak-banyak mahasiswa Uniku untuk program-program bertaraf internasional,” pungkasnya.

Nurjanah, ibunda Vierda Dewi Rahmawati, salah seorang peserta Summer Programme mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Uniku yang memercayakan puterinya iku serta dalam even bertaraf internasional.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada pimpinan Uniku yang telah mempercayakan puteri kami ikut serta dalam kegiatan bertaraf internasional di Universitas Utara Malaysia. Jujur kami tidak menyangka puteri kami mendapat kesempatan yang amat langka dan bersejarah bagi kehidupan keluarga kami. Sekali lagi, terima kasih Uniku,” ujar Nurjanah.

Nursidik, salah seorang peserta mengungkapkan kebahagiaannya bisa terpilih sebagai salah satu peserta“UUM International Summer Programme 2017” dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan berharga ini untuk turut berkontribusi bagi kemajuan kampus.

“Saya bersyukur menjadi salah satu mahasiswa terpilih dari sekian banyak mahasiswa Uniku untuk mengikuti program UUM International Summer Programme 2017. Alhamdulilah menjadi suatu kebanggaan bagi saya, karena hal ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Terima kasih kepada UNIKU yang telah memberikan kesempatan ini, semoga menjadi satu jalan untuk berkembang lebih baik lagi bagi masa depan saya dan Uniku,” ujar Nursidik yang juga meraih predikat sebagai Juara I Mahasiswa Berprestasi (Mapres) se-Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten. (ruz)

Related posts