Home » Pendidikan » Ratusan Mahasiswa FKIP UNIKU Ikuti Praktik Keterampilan Mengajar

Ratusan Mahasiswa FKIP UNIKU Ikuti Praktik Keterampilan Mengajar

JABARTODAY.COM-KUNINGAN. Sebanyak 402 mahasiswa dari berbagai program studi (Prodi) yang ada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dilepas secara resmi oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Selasa (01/08/2017).

Kepala Unit Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) FKIP Universitas Kuningan, Cucu Suhartini mengatakan kegiatan PKM yang pertama dengan tujuan untuk membangun landasan jati diri calon pendidik serta memberikan pengalaman awal kegiatan persekolahan melalui kegiatan observasi.

“Ratusan orang mahasiswa tersebut akan mengikuti kegiatan PKM I mulai dari tangga 07 – 18 Agustus 2017 dan mereka akan tersebar di 35 Sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Dekan FKIP Yeyen Suryani mengatakan, berdasarkan Perpres nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Permendikbud RI nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia serta Permeristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) yang menyiapkan kualifikasi kemampuan lulusan disesuaikan dengan standar kompetensi lulusan pada perguruan tinggi.

“Mengacu pada hal tersebut FKIP Uniku berupaya untuk menyelaraskan kurikulum di perguruan tinggi dalam mempersiapkan calon guru yang kompeten dan professional dengan mengimplementasikan kegiatan PKM I, PKM II dan PKM III,” tuturnya.

Dari kegiatan PKM I, diharapkan mahasiswa setelah observasi itu dapat memahami kultur sekolah dan lingkungan sekolah termasuk di dalamnya visi, misi, tujuan, serta profil sekolah secara utuh. Melalui observasi Proses Belajar Mengajar (PBM) mahasiswa diharapkan dapat memahami karakter dan perkembangan peserta didik serta kompetensi dasar guru dalam pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi guru.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan PKM I yang diselenggarakan oleh unit PKM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku).

“Saya mengucapkan terimakasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia penyelenggara kegiatan PKM I yang bisa terselenggara kegiatan tersebut dengan baik dan saya rasa kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa dan mahasiswi FKIP Uniku dalam rangka mempersiapkan lulusan yang mumpuni dan kompeten dibidangnya,” tuturnya.
Dikdik berharap, dari kegiatan PKM I yang nantinya berkelanjutan tersebut, diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi sebagai calon pendidik memiliki jatidiri yang kuat, tangguh dan kompeten dibidangnya sesuai dengan tuntutan dan harapan dunia pendidikan.

“Itulah harapan besar setelah melaksanakan kegiatan PKM I dapat membangun jatidiri calon pendidik serta memberikan pengalaman awal kegiatan persekolahan pada keadaan yang sesungguhnya,” pungkasnya. (asep)

Komentar

komentar