Home » Pendidikan » Giatkan Gerakan Literasi di Masyarakat

Giatkan Gerakan Literasi di Masyarakat

Para duta bahasa sedang mendapat pengarahan demi menimbulkan gerakan literasi di masyarakat saat workshop di SMP Darul Hikam, Sabtu (8/4). (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Dalam menumbuhkan minat baca di kalangan anak muda Kota Bandung, SMP Darul Hikam dan Gerakan Literasi Kota Bandung menggelar workshop duta bahasa, Sabtu (8/4). 50 duta bahasa dari seluruh SMP/MTS se-Kota Bandung turut serta dalam kegiatan ini.

“Tujuannya untuk meningkatkan baca yang nantinya akan disebarkan oleh duta-duta bahasa ini kepada teman dan sekolahnya masing-masing,” jelas Kepala SMP Darul Hikam Luqman Amin.

Menurutnya, ini merupakan langkah awal yang dilakukan gerakan literasi dalam mengangkat duta baca di seluruh sekolah menengah pertama. Nantinya setiap wilayah memiliki koordinator, juga petugas yang melakukan monitoring agar gerakan ini bisa berjalan dengan baik.

“Kalau guru menyuruh baca itu sudah biasa, tapi kalau yang mengajaknya siswa ada perbedaan secara emosional karena kedekatan teman. Walaupun pada prakteknya tentu harus didukung oleh semua pihak, baik guru, orangtua, dan lainnya,” tukasnya.

Biasanya, siswa yang terpilih menjadi duta bahasa adalah mereka yang memiliki kebiasaan membaca buku lebih dari siswa lainnya. “Kita pilih secara faktual, biasanya berbanding lurus dengan prestasinya,” sahut Luqman.

Salah seorang duta bahasa dari SMP Darul Hikam, Mazaya Sofi Rahmani (15) ‎mengatakan, dirinya mengajak teman-temannya untuk membaca melalui media sosial, seperti mengunggah buku yang dibacanya ke Instagram. ’’Nanti ada teman baca dan penasaran, nah aku ajak mereka buat ngebaca buku itu,” tutur dia.

Gadis yang saat ini duduk di kelas 9 tersebut berharap, budaya membaca sejak dini bisa tertularkan di masyarakat, khususnya teman-temannya. Karena bagi dia, membaca dapat memperluas kosa kata, juga pengetahuan. (vil)

Komentar

komentar