Home » Headline » Kreativitas Budaya Jadi Penguat Identitas Bangsa

Kreativitas Budaya Jadi Penguat Identitas Bangsa

Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial memberikan sambutan pada Festival Budak Nyunda, di Balai Kota Bandung, Sabtu (14/1). Kegiatan ini diharapkan menguatkan kecintaan terhadap budaya lokal. (humas pemkot bandung)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Kebudayaan merupakan karya kreatif yang tidak bisa dipisahkan dari adat istiadat dan filosifi kehidupan. Maka, dalam hal kesenian tradisional bisa dikatakan sebagai tontonan karena sifatnya yang menghibur, informatif, serta mendidik bagi khalayak.

Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat membuka Festival Budak Nyunda Bandung Juara Tingkat SMA Kota Bandung, di Balai Kota Bandung, Sabtu (14/1).

Oded menuturkan, orang Sunda terkenal kreatif dalam kesenian. Sehingga memberikan apresiasi terhadap karya seni seperti kepada Kang Ibing, dalang Asep Sunandar Sunarya, Bimbo, dan pelawak Sule, tidak berlebihan. “Kita sebagai orang Sunda harus merasa bangga. Karya seni baik di musik ataupun budaya patut dilestarikan. Generasi muda sebagai penerus bangsa harus mempertahankannya,” ujar Oded.

Perwujudan rasa bangga itu, sambung Oded, diperlihatkan melalui kreasi yang berguna, sehingga dari seni budaya tersebut menghasilkan nilai ekonomi, sosial, dan lingkungan yang kental dengan budaya Sunda. “Bagaimanapun generasi muda harus pandai ngigelan jaman atau ngindung ka usum mibapa ka jaman. Dalam arti, konsisten menunjukkan jati diri dengan karya yang bermanfaat bagi banyak orang,” tutur Oded.

Festival Budak Nyunda dapat menjadi ajang kreativitas dalam menguatkan wibawa orang Sunda. Oded berharap, kegiatan ini menjadi agenda tahunan dengan kualitas dan kuantitas yang lebih baik lagi. “Mudah-mudahan kreativitas yang ditampilkan mampu meningkatkan kecintaan terhadap budaya tradisional, serta menjadi penguat identitas bangsa,” pungkas politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut. (koe)

Komentar

komentar