Home » Pendidikan » Kapolda Resmikan SDN Giri Asih Bhayangkara

Kapolda Resmikan SDN Giri Asih Bhayangkara

Mochammad_IriawanJABARTODAY.COM – CIANJUR

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan meresmikan Sekolah Dasar Negeri Giri Asih Bhayangkara di Desa Cisaranten, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, Rabu (29/10/2014). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Kepala Polda Jabar Brigadir Jenderal Mochamad Taufik, pejabat utama Polda Jabar, Ketua Bhayangkari dan Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat, Bupati Cianjur yang diwakili oleh Asisten Daerah II, Kepala Polres Cianjur Ajun Komisaris Besar Deddy Kusuma Bhakti beserta para Kapolsek jajaran Polres Cianjur.

SD Negeri Giri Asih Bhayangkara tadinya merupakan kelas jauh SD Giri Asih. Semula kondisi bangunannya terbuat dari bilik bambu beratap asbes dan berdiri di lokasi yang rawan longsor, jauh dari kesan bangunan untuk proses belajar mengajar serta membahayakan keselamatan anak didik. Kemudian pada tanggal 11 Januari 2014, Kapolres Cianjur mencanangkan “Program Polisi Peduli Pendidikan” untuk membangun SD Negeri Giri Asih Bhayangkara tersebut serta menyampaikan program tersebut ke Bupati Cianjur. Program Polisi Peduli Pendidikan ini melibatkan seluruh personel Polres Cianjur dan elemen masyarakat, berupa pengumpulan sumbangan sukarela anggota Polres Cianjur baik berupa uang maupun bahan bangunan serta membuat kotak amal yang ditempatkan di ruang pelayanan Mapolres Cianjur.

Peletakan batu pertama pembangunan SD Negeri Giri Asih Bhayangkara yang letaknya sekitar 500 meter dari lokasi semula dilakukan oleh Kapolres Cianjur pada tanggal 6 Juni 2014. Bangunan sekolah tersebut berdiri di atas lahan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kemudian pada tanggal 17 Oktober 2014, Polres Cianjur melayangkan surat kepada Bupati Cianjur perihal peningkatan status SD Negeri Giri Asih kelas jauh menjadi SD Negeri Giri Asih Bhayangkara. Pada peresmian bangunan SD Negeri Giri Asih Bhayangkara tersebut ditandai dengan pembukaan plang papan nama sekolah oleh Kapolda Jabar beserta Ketua Bhayangkari Jabar. Selain itu dalam peresmian sekolah tersebut, dilaksanakan juga penandatanganan berita acara serah terima bangunan sekolah dari Kapolres Cianjur kepada Bupati Cianjur.

Untuk mencapai lokasi tersebut, Kapolda Jabar beserta rombongan harus menempuh perjalanan kurang lebih empat jam dari Ciwidey, Kabupaten Bandung dengan kondisi jalan yang sangat berat. Kapolda beserta Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kapolres Bandung dan komunitas motor trail menggunakan motor trail untuk mencapai lokasi tersebut. Sementara Wakapolda Jabar beserta Ibu Ketua Bhayangkari dan rombongan lainnya menggunakan mobil ranger untuk sampai ke lokasi tersebut. Lokasi sekolah tersebut, apabila ditempuh dari Kota Cianjur akan memakan waktu sekitar sepuluh jam.

Dalam sambutannya, Iriawan memberikan apresiasi kepada Kapolres Cianjur yang mempunyai ide membangun sekolah ini. Ia menilai, ini wujud dari konsep Polisi Penolong, sesuai dengan kebijakan strategis Kapolri, serta sesuai dengan misi Polri dalam membangun sinergitas polisional yang proaktif dalam rangka membangun kemitraan dan jejaring kerja.

Iriawan berharap dengan adanya sarana pendidikan yang cukup refresentatif ini, dapat menjadi titik tolak positif bagi para guru dan siswa-siswi untuk lebih meningkatkan program belajar-mengajar sesuai dengan program pendidikan nasional. Ia juga menyampaikan pesan kepada Bupati Cianjur beserta jajarannya, para guru dan siswa-siswi SD Negeri Giri Asih Bhayangkara, agar bisa memanfaatkan dan memelihara secara optimal, sehingga keberadaan gedung baru ini, dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar mengajar, guna membentuk generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia.

“Kelak semoga sekolah ini bisa melahirkan generasi penerus bangsa yang berperan aktif dalam pembangunan nasional. Harapan lainnya, selain ilmu pengetahuan yang didapat, juga mampu menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas,” ucap Iriawan. (*/VIL)

Komentar

komentar

4 comments

  1. Pingback: Nelson

  2. Pingback: Dana

  3. Pingback: timothy

  4. Pingback: andrew