ojk
Home » Otomotif » Ini Tips Berkendaraan Aman Selama Musim Hujan,

Ini Tips Berkendaraan Aman Selama Musim Hujan,

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BANDUNG – Bergulirnya musim hujan, tidak sedikit daerah di tanah air, termasuk Kota Bandung, yang tergenang banjir. Tentunya, hal ini menjadi kendala bagi para pengendara. Untuk itu, ada beberapa tips berkendara aman selama musim hujan.

“Berkendara yang aman adalah sebuah hal yang mutlak harus dilakukan para pengendara. Saat musin hujan, banyak daerah yang tergenang banjir. Tentunya, ini menjadi perhatian kami,” tandas Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director General Motors Indonesia, (GMI).

Lalu, apa saja tips berkendara versi GMI? Ini tipsnya

1, Lakukan standar check-up kendaraan Anda, termasuk wiper, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh sangat penting sebelum bepergian jauh.
2. Rencanakan rute Anda sebelum bepergian, terlebih saat Anda menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi.
3. Gunakan gigi rendah ketika melintasi jalan menanjak atau turunan curamd dan licin. Itu memudahkan mesin untuk melakukan pengereman (engine break) sebelum mencapai tikungan curam dan membantu Anda mengontrol kecepatan kendaraan, serta membuat rem lebih awet.
4. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik, terutama pada bagian mesin.
5. Sabar saat berkendara karena musim hujan sering berujung pada kemacetan lalulintas.
6. Hindari genangan air yang lebih tinggi daripada roda kendaraan atau trotoar. Namun, jika harus melalui jalan yang tergenang, matikan pendingin kabin (AC). Pasalnya, jika AC menyala, hal itu dapat mematikan mesin karena kipas elektronik akan berputar dan mengakibatkan air dapat menyiprat dan masuk ke dalam mesin.
7. Setelah keluar dari genangan air, injak-lepas rem secara perlahan menggunakan kaki kiri seraya kaki kanan tetap menginjak pedal gas. Itu untuk mengeringkan mesin.
8. Berhenti sejenak dan pastikan tidak ada kantong plastik atau serpihan-serpihan lainnya yang terjebak dalam grille atau sirip radiator bagian belakang.
9. Setelah mengemudi melalui jalanan yang tergenang, bersihkan kendaraan Anda terutama di bagian bawah dan roda kendaraan. Hilangkan rumput, daun, serta noda-noda kotoran yang tersisa dan dapat menimbulkan percikan api jika dibiarkan di dalam mesin. Lalu, ganti oli transmisi karena air mungkin akan masuk ke dalam sistem. Bersihkan karpet mobil Anda untuk mencegah jamur dan bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih lanjut. (win)

Komentar

komentar