Home » Headline » Cukup 90 Detik, Karya Anak Bandung Ini Jadi Nominator IKFF Hamburg

Cukup 90 Detik, Karya Anak Bandung Ini Jadi Nominator IKFF Hamburg

Deden M Dahid, sutradara Semua Karena (kiri) dan produser Semua Karena, Sofyana Ali Bindair (kedua dari kiri), saat menjelaskan tampilnya sinema berdurasi 90 detik itu dalam ajang 33rd IKFF Hamburg.
(jabartoday.com/erwin adriansyah)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Anggapan bahwa Bandung merupakan salah satu kiblat kreativitas di tanah air. Buktinya, melalui sinema pendek berdurasi 1,5 menit berjudul “Semua Karena“, Bandung sukses menjadi satu di antara 4 wakil asal Asia, selain Jepang, India, dan Afghanistan, yang tampil dalam 33rd Hamburg International Short Film Festival atau International Kurz Film Festival (IKFF) Hamburg.

“Ini menunjukkan bahwa Bandung memiliki kapasitas dan potensi membuat karya luar biasa,” tandas Koordinator Bandung Film Council (BFC), Sofyana Ali Bindiar, pada konferensi pers Goes to 33rd Hamburg International Short Film Festival di Jalan Gelap Nyawang Bandung, Sabtu (3/6).

Menurutnya, Bandung patut berbangga seiring tampilnya “Semua Karena”, yang uniknya, tidak melibatkan satu aktor dan aktris pun, sebagai nominator IKFF. Pasalnya, jelas pria berkaca mata ini, merupakan salah satu festival sinema bergengsi di benua biru.

Sutradara “Semua Karena“, Deden M Sahid, mengatakan, sebenarnya, ide sinema pendek ini didasari kegerahan politik di Bumi Pertiwi. Deden mencontohkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta. “Yang mengherankan, yang Pilkadanya Jakarta, yang riweuh-nya kok hampir seluruh daerah. Sejak itu, lahirlah sebuah plot film,” kata Deden.

Menurutnya, hampir semua sinema mengusung pesan. Begitu pula “Semua Karena“. “Pesannya, negara ini jangan sampai tercerai berai karena adanya perbedaan. Sebaliknya, perbedaan dapat bahkan harus menjadi sebuah kekuatan bangsa ini untuk melangkah lebih jauh lagi,” pungkas Deden. (win)

 

Komentar

komentar