Home » Lifestyle » Berikan Keindahan Pendopo kepada Masyarakat

Berikan Keindahan Pendopo kepada Masyarakat

Layaknya Keraton di Jogjakarta, Pendopo Kota Bandung pun dibuka untuk umum. (istimewa)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Berawal dari aspirasi warga yang ingin berwisata ke Pendopo Kota Bandung, mulai Minggu (25/12), tempat itu terbuka untuk umum dan menjadi Wisata Pendopo. ’’Pendopo itu bangunan bersejarah, lebih dari satu abad merupakan kediaman bupati pada jamannya. Sekarang menjadi kediaman wali kota yang penuh dengan taman, arsitektur pendopo, arsitektur limas yang tidak berdinding,” jelas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (24/12).

Wisata Pendopo, dibuka pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-12.00, serta pukul 13.30–16.00. Tapi khusus akhir tahun, dibuka setiap hari mulai 25 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017. ’’Dengan itu silahkan wisatawan dan warga Bandung yang mau foto-foto, melihat, dan belum pernah datang kesini untuk hadir,” tutur pria yang akrab disapa Emil tersebut.

Ada beberapa syarat untuk masuk ke Pendopo Kota Bandung, Diantaranya berpakaian sopan, tidak membawa makanan dan minuman, serta menaati peraturan yang ada di Pendopo.

Emil berharap, dengan adanya Wisata Pendopo akan menambah pengetahuan sejarah bagi warga Bandung dan wisatawan. ’’Seperti halnya kalo kita ke Jogja ingin masuk ke Keraton. Tidak jauh dari itu, kita berikan keindahan Pendopo untuk masyarakat,” klaim Emil.

Selain itu, disediakan pula pemandu wisata untuk menjelajahi rumah dinas Wali Kota Bandung tersebut. ’’Sehingga, sejarah yang ada di sini bisa dijelaskan oleh tour guide tersebut,” pungkas Emil. (koe)

Komentar

komentar