Home » Hukum » Waspada, Pelaku Pencurian Incar Rumah Kosong

Waspada, Pelaku Pencurian Incar Rumah Kosong

Pelaku pencurian rumah kosong digiring petugas saat ekspose di Mapolsek Regol, Jumat (13/1). Akibat pencurian tersebut, korban merugi puluhan juta rupiah. (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Saat ini, Kota Bandung cukup rawan dengan aksi pencurian. Bahkan, pelaku kriminal mulai mengincar rumah yang sedang ditinggal penghuninya pergi. Belum lama ini, Unit Reserse Kriminal Polsek Regol meringkus dua orang pelaku pencurian di rumah kosong, yakni Mulyadi (39) dan Rizkaart (26).

Kepala Polrestabes Bandung Komisaris Besar Hendro Pandowo menuturkan, pelaku pencurian rumah kosong biasanya mengincar rumah yang lampu luarnya menyala. Kemudian, mereka masuk dan mengetuk-ngetuk pintu untuk memastikan tidak ada orang di dalamnya. “Mereka ini berkomplot. Dalam aksinya, mereka selalu dilengkapi lipstik atau perlengkapan yang terdiri dari obeng besar, linggis, dan juga pemotong gembok rumah,” tutur Hendro, yang didampingi Kapolsek Regol Komisaris Sumi, di Mapolsek Regol, Jumat (13/1).

Kedua pelaku beraksi di rumah milik Elen, di Jalan Murni I No 42, Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol. Saat itu, para pelaku melihat rumah yang listriknya masih menyala, setelah memastikan kosong mereka masuk dengan membongkar pagar gunakan linggis, dan mencungkil pintu memakai obeng. “Lalu, mereka mengambil barang berharga yang ada di rumah tersebut, seperti TV, jam, dan komputer,” papar Hendro.

Kedua pelaku belum sempat menjual barang hasil rampokannya tersebut, bahkan mereka malah dihadiahi timah panas oleh polisi karena melakukan perlawanan saat akan diringkus. “Obeng ini bisa menjadi senjata dan digunakan untuk menusuk pemilik rumah kalau melawan, bahkan bisa dipakai pelaku untuk melawan petugas. Makanya, kita lakukan tindakan tegas,” ungkap mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat itu.

Selain kedua tersangka, polisi mengamankan barang bukti seperti 3 unit TV, 1 unit keyboard, 1 unit layar monitor komputer, 3 buah jam tangan, 2 buah obeng besar, selimut dan sprei, 1 buah linggis besi, serta 1 unit sepeda motor milik pelaku.

Akibat kejadian tersebut, korban merugi hingga Rp 27 juta. Dan, karena aksinya, kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang ancaman hukumannya hingga 5 tahun penjara. (vil)

Komentar

komentar