ojk
Home » Headline » Sosok Ini Setara Zagallo dan Der Kaizer

Sosok Ini Setara Zagallo dan Der Kaizer

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – MOSKOW — Menjadi pemain dan kemudian pelatih yang mencatat sukses bukan perkara mudah. Banyak pemain hebat yang meraih hasil maksimal, tetapi ketika menjadi pelatih, justru hasilnya negatif.

Sebut saja Diego Armando Maradona. Legenda hidup itu sukses membawa negaranya, Albiceleste Argentina, merebut trofi Piala Dunia 1986. Akan tetapi, Si Tangan Tuhan gagal ketika menangani negaranya dalam Piala Dunia 2010.

Namun, sejauh ini, hanya ada sedikit nama yang sukses menjadi pemain sekaligus pelatih membawa negaranya sebagai kampiun sejagat. Adalah Mario Zagallo. Pria ini menorehkan hasil gemilang saat membawa Selecao Brasil merengkuh trofi Piala Dunia, yang sebelumnya bernama Jules Rimet, sebanyak dua kali, yakni 1958 dan 1962. Pada 1970, Zagallo menangani The Samba. Hasilnya, Brasil menjadi juara dunia ketiga kalinya.

Lalu, ada nama legenda Der Panzer Jerman, Franz Beckenbauer. Sebagai pemain yang berposisi libero, Der Kaizer berhasil mengantarkan Jerman (Barat) sebagai jawara dunia pada 1974. Kemudian, 16 tahun berikutnya, yaitu 1990, Beckenbauer menangani The Text Book Team. Polesannya terbukti ampuh. Lotthar  Matthaus cs merebut trofi World  Cup 1990, yang merupakan trofi ketiga setelah 1954 dan 1974.

Yang terbaru adalah Didier Deschamps. Arsitek Les Bleus ini menjadi sosok ketiga pemain dan pelatih yang berhasilembawa negaranya sebagai juara dunia. Pada 1998, pemain seangkatan Zinedine Zidane, Emmanuel Petit, dan Lilian Thuram, ini menjadi kapten The Eiffel Tower. Kepemimpinannya berhasil membuat Brasil keok 0-3 pada laga final sekaligus memberi gelar perdana bagi Ayam Jantan.

Puncaknya, pada 2018. Meski sempat mendapat kritik karena tidak menyertakan beberapa pemain jempolan, seperti Alexandre  Lacazette, pria 49 tahun itu tidak bergeming. Hasilnya, Prancis menjadi kampiun 2018 dan menjadi satu-satunya tim tidak terkalahkan dalam ajang di Rusia itu sejak penyisihan grup hingga fase knock out.   (win)

Komentar

komentar