ojk
Home » Bandung Raya » Kekuatan Ini yang Bisa Majukan Indonesia

Kekuatan Ini yang Bisa Majukan Indonesia

(jabartoday.com/erwin ardiansyah)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Sebenarnya, Indonesia merupakan sebuah negara besar yang punya kekuatan dan daya saing luar biasa. Sayangnya, potensi-potensi itu sejauh ini kurang termaksimalkan. Padahal, negara ini memiliki sebuah dasar kuat, yaitu beragam perbedaan. Sayangnya, akhir-akhir ini perbedaan itu tidak jarang menjadi sebuah permusuhan.
“Perbedaan itu bukan berarti permusuhan. Perbedaan itu dapat menjadi sebuah kekuatan besar. Negara ini memiliki Pancasila. Ini yang harus kembali dikibarkan dan digelorakan publik di negara ini,” tandas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudi Latif, dalam “Berbagai Inspirasi untuk Indonesia Berprestasi” di Kota Priangan” yang digelar PT Astra International Tbk di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari Bandung, Rabu (28/3).
Yudi berpendapat, yang terjadi saat ini, Indonesia sedang “sakit”, terutama yang sifatnya berkelompok. Sebagai contoh, ucap dia, tidak jarang terjadi perseteruan antarkelompok, yang ironisnya, pemicunya adalah perbedaan pendapat, agama, ideologi, visi, dan sebagainya. Misalnya, sebut Yudi, yaitu adanya aksi anarkis terhadap salah satu agama.
Seyogianya, perbedaan-perbedaan itu jangan menjadi permusuhan, perpecahan, dan perseteruan. Sejatinya, ucap dia, Indonesia punya senjata ampuh untuk menyatukan seluruh perbedaan, yakni Pancasila. “Negara ini kan punya slogan gotong royong, yang merupakan inti persatuan. Dalam istilah Sunda Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh. Dalam Islam, Rahmatan Lil’alamin. Dalam nasrani ada ajaran Kasih. Jadi, Semangat Pancasila dan gotong royong itulah yang harus kembali menjadi panji di negara kita, utamanya generasi muda, agar Indonesia kembali bertumbuh dan menjadi negara kuat pada masa mendatang,” paparnya.
Audrey Yu Jia Hui, Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2015, berpendapat, Pancasila adalah sesuatu yang sangat indah untuk menyatukan negara ini. Pada dasarnya, ujar Audrey, Tuhan menciptakan manusia untuk bersaudara. Tentunya, lanjut dia, banyak terdapat perbedaan. Begitu pula dengan negara ini, yang terdiri atas banyak keragaman dan perbedaan.
Dia menganalogikan Indonesia sebagai sebuah tubuh. “Bagaimana seseorang bisa berkembang apabila ada anggota tubuhnya yang tidak sakit? Sama, Indonesia pun begitu. Kalau negara ini sakit, terutama dalam hal persatuan, ya sulit untuk berkembang. Jadi, saya kira, agar negara ini lebih berkembang, jadikanlah Pancasila sebagai pegangan. Jadikanlah perbedaan sebagai pemersatu,” pungkasnya.  (win)

Komentar

komentar