Gubernur Jawa Barat Tegaskan Korban Gempa Tertangani dengan Baik

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

JABARTODAY.COM – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menegaskan bahwa  kerusakan yang terjadi akibat gempa yang mengguncang wilayahnya  pada Jumat malam (15/12) dapat tertangani dengan baik.

“Sekarang tahap rekonstruksi, Insya Allah tertangani oleh kita,” ujarnya di Bandung, Sabtu.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menurutnya sedang melakukan mitigasi, mendata bangunan-bangunan yang rusak, serta menenangkan masyarakat yang terdampak bencana.

Menurut Heryawan, bagi masyarakat yang masih mengalami trauma, pihaknya telah menyiapkan sejumlah  relawan yang siap membantu memulihkan kondisi mental korban gempa.

“Ya, tentunya yang trauma harus diberi penjelasan bahwa musibah telah lewat,” katanya.

Ia menyatakan bahwa gempa dengan skala 6,9 Skala Richter tidak sehebat gempa yang melanda Pangandaran beberapa tahun lalu, dan tidak menimbulkan tsunami.

“Semalam ada potensi tsunami sehingga menyelamatkan diri, kemudian dua jam potensi tsunami berhenti, Alhamdulillah tidak terjadi,” katanya.

Masyarakat juga diimbau tetap waspada serta hati-hati dari setiap potensi bencana, dan jika masyarakat memerlukan sesuatu, maka petugas dari BPBD siap membantu, demikian Ahmad Heryawan.(jos/ant)

Related posts